Manurung, Eva Rosella (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA DI SMP NEGERI 2 PARAPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193351002_Cover.pdf
Download (124kB)
4193351002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (467kB)
4193351002_Abstrak.pdf
Download (240kB)
4193351002_Kata_Pengantar.pdf
Download (178kB)
4193351002_Daftar_Isi.pdf
Download (370kB)
4193351002_Daftar_Tabel.pdf
Download (131kB)
4193351002_Daftar_Gambar.pdf
Download (69kB)
4193351002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (130kB)
4193351002_BAB_I.pdf
Download (578kB)
4193351002_BAB_V.pdf
Download (114kB)
4193351002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (332kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, hubungan motivasi dengan hasil belajar pada materi IPA Sistem Tata Surya kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen two group pretes-postes design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas masing-masing terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non-tes dan tes, non-tes berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa yang terdiri dari 30 pernyataan dengan empat pilihan jawaban. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui pengetahuan siswa ranah kognitif, sebanyak 20 butir soal dengan empat pilihan yang sudah diuji kelayakannya. Data pretes dan postes motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 29,0 dan 80,8 sedangkan data kelas kontrol adalah 33,0 dan 74,9. Data pretes dan postes hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 49,3 dan 83,7 sedangkan data kelas kontrol adalah 40,9 dan 79,8. Data dianalisis menggunakan uji manova dan korelasi motivasi dan hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan. Terdapat hubungan korelasi positif antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yaitu 0,481
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry; Motivasi Belajar; Hasil Belajar dan Korelasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 May 2024 17:01 |
Last Modified: | 01 May 2024 17:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56069 |