PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA DI SMP NEGERI 2 PARAPAT

Manurung, Eva Rosella (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM TATA SURYA DI SMP NEGERI 2 PARAPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193351002_Cover.pdf] Text
4193351002_Cover.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4193351002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193351002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 4193351002_Abstrak.pdf] Text
4193351002_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4193351002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193351002_Kata_Pengantar.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 4193351002_Daftar_Isi.pdf] Text
4193351002_Daftar_Isi.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 4193351002_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193351002_Daftar_Tabel.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4193351002_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193351002_Daftar_Gambar.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4193351002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193351002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4193351002_BAB_I.pdf] Text
4193351002_BAB_I.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 4193351002_BAB_V.pdf] Text
4193351002_BAB_V.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4193351002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193351002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, hubungan motivasi dengan hasil belajar pada materi IPA Sistem Tata Surya kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen two group pretes-postes design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas masing-masing terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non-tes dan tes, non-tes berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa yang terdiri dari 30 pernyataan dengan empat pilihan jawaban. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui pengetahuan siswa ranah kognitif, sebanyak 20 butir soal dengan empat pilihan yang sudah diuji kelayakannya. Data pretes dan postes motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 29,0 dan 80,8 sedangkan data kelas kontrol adalah 33,0 dan 74,9. Data pretes dan postes hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 49,3 dan 83,7 sedangkan data kelas kontrol adalah 40,9 dan 79,8. Data dianalisis menggunakan uji manova dan korelasi motivasi dan hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan. Terdapat hubungan korelasi positif antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yaitu 0,481

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry; Motivasi Belajar; Hasil Belajar dan Korelasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 17:01
Last Modified: 01 May 2024 17:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56069

Actions (login required)

View Item
View Item