Simamora, Ester Agnes Jovanka (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP N 2 DOLOKSANGGUL T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193351017_Cover.pdf
Download (43kB)
4193351017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (783kB)
4193351017_Abstrak.pdf
Download (347kB)
4193351017_Kata_Pengantar.pdf
Download (566kB)
4193351017_Daftar_Isi.pdf
Download (326kB)
4193351017_Daftar_Tabel.pdf
Download (286kB)
4193351017_Daftar_Gambar.pdf
Download (214kB)
4193351017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (241kB)
4193351017_BAB_I.pdf
Download (472kB)
4193351017_BAB_V.pdf
Download (139kB)
4193351017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (230kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pencemaran lingkungan pada kelas VII SMP Negeri 2 Doloksanggul Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain pretest and posttest control group design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-A (kelas eksperimen) dengan model pembelajaran cooperative learning dan kelas VII-B (kelas kontrol) tanpa model pembelajaran cooperative learning. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data rata-rata pretest siswa pada kelas eksperimen adalah 38 dengan standar deviasi 4,20 dan rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen adalah 89 dengan standar deviasi 5,34 sedangkan rata-rata data hasil belajar pretest siswa pada kelas kontrol 31 dengan standar deviasinya 6,18 dan dan rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas kontrol adalah 70 dengan standar deviasi 5,17. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap aktivitas dan hasil belajar pada pencemaran lingkungan kelas VII di SMP Negeri 2 Doloksanggul tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share, hal ini dilihat dari nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan α 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 2 Doloksanggul T.P 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Siswa; Model Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 May 2024 16:38 |
Last Modified: | 01 May 2024 16:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56067 |