PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP N 2 DOLOKSANGGUL T.P 2022/2023

Simamora, Ester Agnes Jovanka (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP N 2 DOLOKSANGGUL T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193351017_Cover.pdf] Text
4193351017_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4193351017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193351017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of 4193351017_Abstrak.pdf] Text
4193351017_Abstrak.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 4193351017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193351017_Kata_Pengantar.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 4193351017_Daftar_Isi.pdf] Text
4193351017_Daftar_Isi.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 4193351017_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193351017_Daftar_Tabel.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 4193351017_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193351017_Daftar_Gambar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4193351017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193351017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4193351017_BAB_I.pdf] Text
4193351017_BAB_I.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 4193351017_BAB_V.pdf] Text
4193351017_BAB_V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4193351017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193351017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pencemaran lingkungan pada kelas VII SMP Negeri 2 Doloksanggul Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain pretest and posttest control group design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-A (kelas eksperimen) dengan model pembelajaran cooperative learning dan kelas VII-B (kelas kontrol) tanpa model pembelajaran cooperative learning. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data rata-rata pretest siswa pada kelas eksperimen adalah 38 dengan standar deviasi 4,20 dan rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen adalah 89 dengan standar deviasi 5,34 sedangkan rata-rata data hasil belajar pretest siswa pada kelas kontrol 31 dengan standar deviasinya 6,18 dan dan rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas kontrol adalah 70 dengan standar deviasi 5,17. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap aktivitas dan hasil belajar pada pencemaran lingkungan kelas VII di SMP Negeri 2 Doloksanggul tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share, hal ini dilihat dari nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan α 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 2 Doloksanggul T.P 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Aktivitas Siswa; Model Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 16:38
Last Modified: 01 May 2024 16:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56067

Actions (login required)

View Item
View Item