Silitonga, Jenny Ferawaty (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, SIKAP ILMIAH DENGAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMA NEGERI SE-KOTA RANTAUPRAPAT. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136174017 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM. 8136174017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
3. NIM. 8136174017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM. 8136174017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. NIM. 8136174017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM. 8136174017 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM. 8136174017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM. 8136174017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM. 8136174017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
13. NIM. 8136174017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14. NIM. 8136174017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) pengetahuan lingkungan; (2) kemampuan berpikir kritis; (3) sikap Ilmiah; (4) pengetahuan Lingkungan, kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah, secara bersama-sama dengan kepedulian lingkungan pada siswa SMA se-kota Rantauprapat. Besar konstribusi (r) (5) pengetahuan lingkungan; (6) kemampuan berpikir kritis; (7) sikap ilmiah; (8) pengetahuan lingkungan, kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah, secara bersama-sama dengan kepedulian lingkungan. sampel penelitian ini adalah siswa SMA se-kota Rantauprapat kelas XI dengan teknik purposive sampling yaitu diambil 120 orang siswa dari 3 SMA Negeri di kota Rantauprapat. Instrumen penelitian ini berupa tes pengetahuan lingkungan, tes kemampuan berpikir kritis, angket sikap ilmiah, dan angket kepedulian lingkungan. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan teknik analisis hipotesis teknik analisis jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan; (1) terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan lingkungan dengan kepedulian lingkungan (r = 0,662, P = 0,00); (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan kepedulian lingkungan (r = 0,606 , P = 0,00 ); (3) terdapat hubungan yang signifikan antara sikap ilmiah dengan kepedulian lingkungan (r = 0,705, P =.0,00); (4) terdapat hubungan pengetahuan lingkungan, kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah, secara bersama-sama dengan kepedullian lingkungan (r = 0,822, P = 0,00). (5) pengetahuan lingkungan berkonstribusi sebesar (koefisien determinan 43%) (6); kemampuan berikir kritis berkonstribusi sebesar (koefisien determinan 36%); (7) sikap ilmiah berkonstribusi sebesar (koefisien determinan 49%); (8) pengetahuan lingkungan, kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah, secara bersama-sama berkonstribusi sebesar (koefisien determinan 67%) dengan kepedulian lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 2 Sil h |
Keywords: | Lingkungan Hidup; Berpikir kritis; Sikap ilmiah; Kepedulian lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 03:02 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5606 |