SILITONGA, CRAMELIA MONIKA (2023) PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI ADKL SMK NEGERI 1 SIBOLGA DENGAN BIMBINGAN KARIR SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193342009_Cover.pdf
Download (256kB)
7193342009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (899kB)
7193342009_Kata_Pengantar.pdf
Download (394kB)
7193342009_Abstrak.pdf
Download (257kB)
7193342009_Daftar_Isi.pdf
Download (396kB)
7193342009_Daftar_Gambar.pdf
Download (340kB)
7193342009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (341kB)
7193342009_Daftar_Tabel.pdf
Download (342kB)
7193342009_BAB_I.pdf
Download (770kB)
7193342009_BAB_V.pdf
Download (279kB)
7193342009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (535kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kesiapan kerja siswa Kelas XI
ADKL SMK Negeri 1 Sibolga yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui; (1) pengaruh pemahaman akuntansi terhadap kesiapan kerja
siswa kelas XI ADKL SMK Negeri 1 Sibolga.; (2) pangaruh praktik kerja
industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI ADKL SMK Negeri 1 Sibolga.
(3) pengaruh pemahaman akuntansi terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI
ADKL SMK Negeri 1 Sibolga dengan bimbingan karir sebagai variabel
moderasi. (4) pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas
XI ADKL SMK Negeri 1 Sibolga dengan bimbingan karir sebagai variabel
moderasi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sibolga, yang beralamat di
Jl. Dr. Ferdinand L. Tobing No. 33, Kota Beringin, Sibolga Kota, Kota Sibolga.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah
Siswa Kelas XI ADKL sebanyak 69 siswa dengan jenis pengambilan sampe yaitu
total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, tes
dan penyebaran angket. Data diolah dengan menggunakan bantuan SPSS Version
26.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemahaman akuntansi
berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan kerja dengan nilai signifikansi
0,025<(0,05) dan nilai t-hitung > t-tabel (2.301>1.668); (2) pengalaman praktik
kerja industri berpengaruh positif signifikan terhadap kesipan kerja dengan nila
signifikansi 0,000<(0,05) dan nilai t-hitung > t-tabel (10.100>1.668); (3)
Bimbingan Karir sebagai variabel moderasi tidak berpengaruh positif atau tidak
dapat memperkuat hubungan antara pengaruh pemahaman akuntansi terhadap
kesiapan kerja dengan nila signifikansi (0,689<0,05) dan nilai t-hitung > t-tabel (0.402>1.668); (4) bimbingan karir seabagai variabel moderasi berpengaruh positif signifikan sehingga mampu memperkuat hubungan antara pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja dengan nilai signifikansi (0,02<0,05) dan nilai t-hitung > t-tabel (3.158>1.668), secara simultan variabel pemahaman akuntansi dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja dengan bimbingan karir sebagai variabel moderasi berpengaruh positif signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman Akuntansi, Pengalaman Pratik Kerja Industri, Kesiapan Kerja, Bimbingan karir |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 May 2024 15:15 |
Last Modified: | 01 May 2024 15:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56058 |