MANURUNG, CLARISSA DANELLA (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E MENGGUNAKAN EXPLANATION VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMKS PRAYATNA 1 MEDAN T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193142015_Cover.pdf
Download (379kB)
7193142015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (718kB)
7193142015_Kata_Pengantar.pdf
Download (438kB)
7193142015_Abstrak.pdf
Download (287kB)
7193142015_Daftar_Isi.pdf
Download (628kB)
7193142015_Daftar_Tabel.pdf
Download (457kB)
7193142015_Daftar_Gambar.pdf
Download (456kB)
7193142015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (566kB)
7193142015_BAB_I.pdf
Download (919kB)
7193142015_BAB_V.pdf
Download (594kB)
7193142015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (649kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur (PAPJDM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XII yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Prayatna 1 Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk kemampuan berpikir kritis siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Data kuantitatif diolah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.
Dari observasi kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I diperoleh bahwa terdapat 6 siswa (16,7%) yang masuk dalam kategori tinggi. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 16 siswa (44,4%) sudah masuk dalam kategori sangat tinggi dan 15 siswa (41,7%) masuk dalam kategori tinggi yang tentunya telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85 %. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre test sebesar 49,72 dengan siswa yang tuntas 14 orang (38,9%). Pada post test siklus I diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 63,33 dengan siswa yang tuntas 20 orang (55,6%). Kemudian pada post test siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata rata sebesar 82,78 dengan siswa yang tuntas 31 orang (86,1%) yang mengartikan bahwa hasil perolehan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥ 85%.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Learning Cycle 7E dapat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XII SMKS Prayatna 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan berpikir kritis, hasil belajar siswa, Learning Cycle 7E |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 May 2024 15:07 |
Last Modified: | 01 May 2024 15:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56057 |