IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E MENGGUNAKAN EXPLANATION VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMKS PRAYATNA 1 MEDAN T.P. 2023/2024

MANURUNG, CLARISSA DANELLA (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E MENGGUNAKAN EXPLANATION VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMKS PRAYATNA 1 MEDAN T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193142015_Cover.pdf] Text
7193142015_Cover.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 7193142015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193142015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of 7193142015_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193142015_Kata_Pengantar.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 7193142015_Abstrak.pdf] Text
7193142015_Abstrak.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 7193142015_Daftar_Isi.pdf] Text
7193142015_Daftar_Isi.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of 7193142015_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193142015_Daftar_Tabel.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 7193142015_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193142015_Daftar_Gambar.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 7193142015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193142015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 7193142015_BAB_I.pdf] Text
7193142015_BAB_I.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of 7193142015_BAB_V.pdf] Text
7193142015_BAB_V.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of 7193142015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193142015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (649kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur (PAPJDM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XII yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Prayatna 1 Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk kemampuan berpikir kritis siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Data kuantitatif diolah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.
Dari observasi kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I diperoleh bahwa terdapat 6 siswa (16,7%) yang masuk dalam kategori tinggi. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 16 siswa (44,4%) sudah masuk dalam kategori sangat tinggi dan 15 siswa (41,7%) masuk dalam kategori tinggi yang tentunya telah memenuhi indikator keberhasilan ≥85 %. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre test sebesar 49,72 dengan siswa yang tuntas 14 orang (38,9%). Pada post test siklus I diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 63,33 dengan siswa yang tuntas 20 orang (55,6%). Kemudian pada post test siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata rata sebesar 82,78 dengan siswa yang tuntas 31 orang (86,1%) yang mengartikan bahwa hasil perolehan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥ 85%.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Learning Cycle 7E dapat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XII SMKS Prayatna 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan berpikir kritis, hasil belajar siswa, Learning Cycle 7E
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 May 2024 15:07
Last Modified: 01 May 2024 15:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56057

Actions (login required)

View Item
View Item