PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERFEKSIONISME DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN REGULASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI SMA NEGERI 3 MEDAN

WARUWU, CINDY F (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERFEKSIONISME DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN REGULASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193341008_Cover.pdf] Text
7193341008_Cover.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 7193341008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193341008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of 7193341008_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193341008_Kata_Pengantar.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 7193341008_Abstrak.pdf] Text
7193341008_Abstrak.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 7193341008_Daftar_Isi.pdf] Text
7193341008_Daftar_Isi.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 7193341008_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193341008_Daftar_Tabel.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 7193341008_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193341008_Daftar_Gambar.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 7193341008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193341008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 7193341008_BAB_I.pdf] Text
7193341008_BAB_I.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of 7193341008_BAB_V.pdf] Text
7193341008_BAB_V.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 7193341008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193341008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar
Perfeksionisme dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prokrastinasi Akademik
Dengan Regulasi Diri Sebagai Variabel Moderating Di SMA Negeri 3 Medan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex
post facto. Penulis menggunakan 108 populasi yaitu seluruh siswa-siswi kelas XI
IPS SMA Negeri 3 Medan. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah 108 siswa yang diambil berdasarkan teknik sampling jenuh. Pengujian
validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui expert judgement
sedangkan pengujian reliabilitas dilaksanakan pada teknik cronbach alpha.
Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi
linear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Dengan teknik
pengujian hipotesis secara parsial dan bersama-sama.
Hasil Penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan
bahwa ada pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara variabel motivasi
belajar dengan prokrastinasi akademik, adanya pengaruh positif dan tidak
signifikan antara variabel perfeksionisme terhadap prokrastinasi akademik, dan
adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel keaktifan berorganisasi
terhadap prokrastinasi akademik. Dan variabel regulasi diri mampu memoderasi
memperkuat pengaruh motivasi belajar, perfeksionisme dan kekatifan
berorganisasi terhadap prokrastinasi akademik. Adapun perolehan persamaan
yang dapat dilakukan yaitu : Y = 1.986 + -0.057X1 + 0.174X2 + 0.263X3. Hasil
pengujian hipotesis dapat diketahui secara parsial yang pertama pada variabel
motivasi belajar (X1) diperoleh thitung sebesar -0.265 dengan demikian thitung < ttabel
(-0.625 < 1.659) dengan taraf signifikan 0.792 > 0.05. Kedua pada variabel
perfeksionisme (X2) diperoleh thitung sebesar 2.039 dengan demikian thitung < ttabel
(2.039 > 1.659) dengan taraf signifikan 0.044 < 0.05. Ketiga pada variabel
keaktifan berorganisasi (X3) diperoleh thitung sebesar 2.107 dengan demikian
thitung > ttabel (2.107 > 1.659) dengan taraf signifikan 0.037 < 0.05. Kemudian untuk
hasil pengujian variabel moderasi untuk variabel motivasi belajar diperoleh nilai
taraf signifikan 0.045 < 0.05. Variabel Perfeksionisme diperoleh 0.887 > 0.05.
Dan variabel keaktifan berorganisasi diperoleh 0.365 > 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motivasi Belajar, Perfeksionisme, Keaktifan Berorganisasi, Prokrastinasi Akademik, dan Regulasi Diri
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 May 2024 14:40
Last Modified: 01 May 2024 14:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56054

Actions (login required)

View Item
View Item