WARUWU, CINDY F (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERFEKSIONISME DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN REGULASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193341008_Cover.pdf
Download (148kB)
7193341008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (734kB)
7193341008_Kata_Pengantar.pdf
Download (178kB)
7193341008_Abstrak.pdf
Download (216kB)
7193341008_Daftar_Isi.pdf
Download (148kB)
7193341008_Daftar_Tabel.pdf
Download (148kB)
7193341008_Daftar_Gambar.pdf
Download (121kB)
7193341008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (122kB)
7193341008_BAB_I.pdf
Download (591kB)
7193341008_BAB_V.pdf
Download (265kB)
7193341008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (321kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar
Perfeksionisme dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prokrastinasi Akademik
Dengan Regulasi Diri Sebagai Variabel Moderating Di SMA Negeri 3 Medan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex
post facto. Penulis menggunakan 108 populasi yaitu seluruh siswa-siswi kelas XI
IPS SMA Negeri 3 Medan. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah 108 siswa yang diambil berdasarkan teknik sampling jenuh. Pengujian
validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui expert judgement
sedangkan pengujian reliabilitas dilaksanakan pada teknik cronbach alpha.
Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi
linear berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Dengan teknik
pengujian hipotesis secara parsial dan bersama-sama.
Hasil Penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan
bahwa ada pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara variabel motivasi
belajar dengan prokrastinasi akademik, adanya pengaruh positif dan tidak
signifikan antara variabel perfeksionisme terhadap prokrastinasi akademik, dan
adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel keaktifan berorganisasi
terhadap prokrastinasi akademik. Dan variabel regulasi diri mampu memoderasi
memperkuat pengaruh motivasi belajar, perfeksionisme dan kekatifan
berorganisasi terhadap prokrastinasi akademik. Adapun perolehan persamaan
yang dapat dilakukan yaitu : Y = 1.986 + -0.057X1 + 0.174X2 + 0.263X3. Hasil
pengujian hipotesis dapat diketahui secara parsial yang pertama pada variabel
motivasi belajar (X1) diperoleh thitung sebesar -0.265 dengan demikian thitung < ttabel
(-0.625 < 1.659) dengan taraf signifikan 0.792 > 0.05. Kedua pada variabel
perfeksionisme (X2) diperoleh thitung sebesar 2.039 dengan demikian thitung < ttabel
(2.039 > 1.659) dengan taraf signifikan 0.044 < 0.05. Ketiga pada variabel
keaktifan berorganisasi (X3) diperoleh thitung sebesar 2.107 dengan demikian
thitung > ttabel (2.107 > 1.659) dengan taraf signifikan 0.037 < 0.05. Kemudian untuk
hasil pengujian variabel moderasi untuk variabel motivasi belajar diperoleh nilai
taraf signifikan 0.045 < 0.05. Variabel Perfeksionisme diperoleh 0.887 > 0.05.
Dan variabel keaktifan berorganisasi diperoleh 0.365 > 0.05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Perfeksionisme, Keaktifan Berorganisasi, Prokrastinasi Akademik, dan Regulasi Diri |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 May 2024 14:40 |
Last Modified: | 01 May 2024 14:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56054 |