PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMKS BUDI AGUNG MEDAN

CHAIRANI (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMKS BUDI AGUNG MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192442001_Cover.pdf] Text
7192442001_Cover.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 7192442001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7192442001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 7192442001_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192442001_Kata_Pengantar.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 7192442001_Abstrak.pdf] Text
7192442001_Abstrak.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of 7192442001_Daftar_Isi.pdf] Text
7192442001_Daftar_Isi.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of 7192442001_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192442001_Daftar_Tabel.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of 7192442001_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192442001_Daftar_Gambar.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 7192442001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7192442001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 7192442001_BAB_I.pdf] Text
7192442001_BAB_I.pdf

Download (909kB)
[thumbnail of 7192442001_BAB_V.pdf] Text
7192442001_BAB_V.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of 7192442001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192442001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (653kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya efikasi diri, motivasi belajar dan interaksi teman sebaya siswa kelas X Akuntansi di SMKS Budi Agung Medan sehingga menyebabkan kurangnya kemandirian belajar siswa kelas X akuntansi di SMKS Budi Agung Medan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh efikasi diri, motivasi belajar, dan interaksi teman sebaya terhadap kemandirian belajar siswa kelas X akuntansi di SMKS Budi Agung Medan.
Penelitian dilakukan pada SMKS Budi Agung Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah populasi dan sampel 66 Siswa kelas X Akuntansi.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian diperoleh model regresi Y= 3,943+ 0,390 �� + 0,177 �� + 0, 391 �� kemudian pada uji parsial dan simultan diperoleh signifikasi < 0,005 yaitu efikasi diri 0,004 < 0,005, motivasi belajar 0,003 < 0,005, interaksi teman sebaya 0,001 < 0,005. Dan pada uji f (simultan) 0.000 < 0,005, serta besarnya pengaruh efikasi diri, motivasi belajar, interaksi teman sebaya terhadap kemandirian belajar siswa adalah sebesar 0,542 atau 54,2%.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah efikasi diri berpengaruh terhadap kemandirian belajar, motivasi belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar, interaksi teman sebaya berpengaruh terhadap kemandirian belajar, ada pengaruh efikasi diri, motivasi belajar dan interaksi teman sebaya terhadap kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemandirian Belajar, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Interaksi Teman Sebaya.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 May 2024 14:05
Last Modified: 01 May 2024 14:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56051

Actions (login required)

View Item
View Item