SARAGIH, CAH DAYANI (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIANTAR T.A 2022/2023 DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192441003_Cover.pdf
Download (41kB)
7192441003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (240kB)
7192441003_Kata_Pengantar.pdf
Download (210kB)
7192441003_Abstrak.pdf
Download (238kB)
7192441003_Daftar_Isi.pdf
Download (382kB)
7192441003_Daftar_Tabel.pdf
Download (282kB)
7192441003_Daftar_Gambar.pdf
Download (105kB)
7192441003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (209kB)
7192441003_BAB_I.pdf
Download (985kB)
7192441003_BAB_V.pdf
Download (289kB)
7192441003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (598kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2022/2023 dengan Motivasi Berprestasi Sebagai Variabel Intervening.
Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar yang berjumlah 128 siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 97 siswa yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket.Kemudian uji asumsi klasik dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikoliniearitas, dan uji heterokedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier untuk hipotesis 1, 2, 3, 4 dan 5, analisis jalur dan uji
sobel untuk hipotesis 6 dan 7 melalui program SPSS.25.
Hasil Penelitian menunjukkan hasil bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa dengan thitung(2,461) > ttabel(1,661) dan nilai sig. sebesar 0,016 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan sig. antara kecerdasan emosional terhadap motivasi
berprestasi siswa dengan thitung(7,111) > ttabel(1,661) dan nilai sig. sebesar
0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri
terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai thitung(2,135) > ttabel(1,661)
dan nilai sig. sebesar 0,035 < 0,05. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan
antara kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa nilai
thitung(3,967) > ttabel(1,661) dan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. (5) Terdapat
pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar
siswa dengan nilai thitung(9,369) > ttabel(1,661) dengan taraf sig. 0,000 < 0,05.
(6) Motivasi berprestasi mampu memediasi pengaruh efikasi diri terhadap
kemandirian belajar siswa dengan nilai sobel test statistic sebesar 2,427 > 1,96
(taraf 5%) dan nilai one-tailed probability 0,007 < 0,05. (7) motivasi berprestasi
mampu memediasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar
siswa, dengan nilai sobel test statistic sebesar 5,925 > 1,96 (taraf 5%) dan nilai
one-tailed probability 0,0 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, Motivasi Berprestasi, Kemandirian Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 May 2024 13:50 |
Last Modified: | 01 May 2024 13:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56049 |