SAFIRA, ANNISA KARTIKA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIKiR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI, DAN REFLEKSI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK SWASTA ERIA MEDAN TA. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7181142022_Cover.pdf
Download (45kB)
7181142022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (693kB)
7181142022_Kata_Pengantar.pdf
Download (158kB)
7181142022_Abstrak.pdf
Download (181kB)
7181142022_Daftar_Isi.pdf
Download (121kB)
7181142022_Daftar_Tabel.pdf
Download (151kB)
7181142022_Daftar_Gambar.pdf
Download (86kB)
7181142022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (87kB)
7181142022_BAB_I.pdf
Download (353kB)
7181142022_BAB_V.pdf
Download (113kB)
7181142022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (259kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran
2022/2023 dengan subjek siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Eria Medan
dengan jumlah siswa sebanyak 21siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan
model pembelajaran MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi)
untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa. Kelas XI Akuntansi
SMK Swasta Eria Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini
merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam
setiap siklus terdapat empat tahapan pada penelitian Tindakan kelas yang harus
dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan test dan lembar observasi keaktifan.
Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan data kuantatif dan kualitatif
menggunakan Microsoft Excel.
Berdasarakan hasil analisis diperoleh hasil pada siklus I keaktifan belajar
siswa yang termasuk kategori aktif berjumlah 63,54% dan hasil belajar siswa yang
memperoleh nilai ≥75 berjumlah 71,42% , sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II keaktifan belajar siswa dengan kategori aktif meningkat hingga 82,74% dan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥75 meningkat hingga 85,71%. Sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Swasta Eria Medan TA. 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 May 2024 07:21 |
Last Modified: | 04 May 2024 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56038 |