PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIKiR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI, DAN REFLEKSI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK SWASTA ERIA MEDAN TA. 2022/2023

SAFIRA, ANNISA KARTIKA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIKiR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI, DAN REFLEKSI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK SWASTA ERIA MEDAN TA. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7181142022_Cover.pdf] Text
7181142022_Cover.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 7181142022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7181142022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of 7181142022_Kata_Pengantar.pdf] Text
7181142022_Kata_Pengantar.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 7181142022_Abstrak.pdf] Text
7181142022_Abstrak.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 7181142022_Daftar_Isi.pdf] Text
7181142022_Daftar_Isi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 7181142022_Daftar_Tabel.pdf] Text
7181142022_Daftar_Tabel.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 7181142022_Daftar_Gambar.pdf] Text
7181142022_Daftar_Gambar.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 7181142022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7181142022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 7181142022_BAB_I.pdf] Text
7181142022_BAB_I.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 7181142022_BAB_V.pdf] Text
7181142022_BAB_V.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 7181142022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7181142022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran
2022/2023 dengan subjek siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Eria Medan
dengan jumlah siswa sebanyak 21siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan
model pembelajaran MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi)
untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa. Kelas XI Akuntansi
SMK Swasta Eria Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini
merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam
setiap siklus terdapat empat tahapan pada penelitian Tindakan kelas yang harus
dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan test dan lembar observasi keaktifan.
Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan data kuantatif dan kualitatif
menggunakan Microsoft Excel.
Berdasarakan hasil analisis diperoleh hasil pada siklus I keaktifan belajar
siswa yang termasuk kategori aktif berjumlah 63,54% dan hasil belajar siswa yang
memperoleh nilai ≥75 berjumlah 71,42% , sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II keaktifan belajar siswa dengan kategori aktif meningkat hingga 82,74% dan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥75 meningkat hingga 85,71%. Sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Swasta Eria Medan TA. 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 May 2024 07:21
Last Modified: 04 May 2024 07:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56038

Actions (login required)

View Item
View Item