BR. SIREGAR, DEWI IRZAYANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN KELAS X JURUSAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) SMKS BUDISATRYA MEDAN TA. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191144002_Cover.pdf
Download (240kB)
7191144002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (332kB)
7191144002_Kata_Pengantar.pdf
Download (445kB)
7191144002_Abstrak.pdf
Download (357kB)
7191144002_Daftar_Isi.pdf
Download (283kB)
7191144002_Daftar_Tabel.pdf
Download (344kB)
7191144002_Daftar_Gambar.pdf
Download (225kB)
7191144002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (226kB)
7191144002_BAB_I.pdf
Download (447kB)
7191144002_BAB_V.pdf
Download (371kB)
7191144002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (282kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kearsipan kelas X Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) SMKS Budisatrya Medan. Jenis penelitian adalah eksperimen.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Budisatrya Medan yang beralamat di Jalan Letda Sujono No. 116 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP di SMKS Budisatrya Medan yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Teknik Non Probability Sampling dengan jenis Sampling Jenuh (sensus) dimana siswa kurang dari 30 orang maka seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Insrumen yang digunakan dalam mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pre-test) dan di akhir (posttest). Sebelum diberikan kepada sampel penelitian, maka tes di uji coba terlebih dahulu kepada siswa kelas XI OTKP di SMKS Budisatrya Medan. Hal ini dilakukan untuk mengujji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t.
Dari hasil siswa pada mata pelajaran kearsipan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing memperoleh rata-rata 83,54 dengan standar deviasi 6,672 dan model pembelajaran Jigsaw memperoleh rata-rata 78,75 dengan standar deviasi 6,797. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung= 2,465 dengan ttabel= 1,677. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut diperoleh bahwa thitung> ttabel yaitu 2,465>1,677. Hal ini berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X OTKP di SMKS Budisatrya Medan T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, M Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dan Tipe Jigsaw. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2024 07:03 |
Last Modified: | 05 May 2024 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56031 |