SIANIPAR, DILA FAJRIA (2023) PENGARUH SELF EFFICACY, TEKANAN AKADEMIK, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7181142005_Cover.pdf
Download (88kB)
7181142005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (354kB)
7181142005_Kata_Pengantar.pdf
Download (267kB)
7181142005_Abstrak.pdf
Download (153kB)
7181142005_Daftar_Isi.pdf
Download (110kB)
7181142005_Daftar_Tabel.pdf
Download (55kB)
7181142005_Daftar_Gambar.pdf
Download (54kB)
7181142005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (53kB)
7181142005_BAB_I.pdf
Download (352kB)
7181142005_BAB_V.pdf
Download (109kB)
7181142005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (294kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingginya tingkat kecurangan akademik siswa di jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Medan, dikarenakan rendahnya self efficacy yang dimiliki siswa, tingginya tekanan akademik yang dirasakan siswa, dan kurangnya kedisplinan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self efficacy, tekanan akademik, dan disiplin belajar terhadap kecurangan akademik siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Medan yang berjumlah 410 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang. Data dianalisis dengan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pembagian kuesioner. Data yang didapatkan dianalisis melalui uji PLS Algoritma, koefisien jalur dan pengujian hipotesis menggunakan Uji-t.
Hasil analisis yang diperoleh dari rata – rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loadings lebih tinggi dari 0,70. Dari data perhitungan, untuk hipotesis self efficacy berpengaruh terhadap kecurangan akademik, diperoleh PValue sebesar 0,04 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa self efficacy berpengaruh terhadap kecurangan akademik siswa. Pada hipotesis tekanan akademik berpengaruh terhadap kecurangan akademik, diperoleh P-Value sebesar 0,03 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa tekanan akademik berpengaruh terhadap kecurangan akademik. Selanjutnya hipotesis disiplin belajar berpengaruh terhadap kecurangan akademik, diperoleh P-Value sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap kecurangan akademik siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Self Efficacy, Tekanan Akademik, Disiplin Belajar, Kecurangan Akademik, Partial Least Square (PLS). |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2024 05:59 |
Last Modified: | 05 May 2024 05:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56024 |