PENGARUH SELF EFFICACY, TEKANAN AKADEMIK, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN

SIANIPAR, DILA FAJRIA (2023) PENGARUH SELF EFFICACY, TEKANAN AKADEMIK, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7181142005_Cover.pdf] Text
7181142005_Cover.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 7181142005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7181142005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 7181142005_Kata_Pengantar.pdf] Text
7181142005_Kata_Pengantar.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 7181142005_Abstrak.pdf] Text
7181142005_Abstrak.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 7181142005_Daftar_Isi.pdf] Text
7181142005_Daftar_Isi.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 7181142005_Daftar_Tabel.pdf] Text
7181142005_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 7181142005_Daftar_Gambar.pdf] Text
7181142005_Daftar_Gambar.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 7181142005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7181142005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 7181142005_BAB_I.pdf] Text
7181142005_BAB_I.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 7181142005_BAB_V.pdf] Text
7181142005_BAB_V.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 7181142005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7181142005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (294kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingginya tingkat kecurangan akademik siswa di jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Medan, dikarenakan rendahnya self efficacy yang dimiliki siswa, tingginya tekanan akademik yang dirasakan siswa, dan kurangnya kedisplinan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self efficacy, tekanan akademik, dan disiplin belajar terhadap kecurangan akademik siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Medan yang berjumlah 410 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang. Data dianalisis dengan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pembagian kuesioner. Data yang didapatkan dianalisis melalui uji PLS Algoritma, koefisien jalur dan pengujian hipotesis menggunakan Uji-t.
Hasil analisis yang diperoleh dari rata – rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loadings lebih tinggi dari 0,70. Dari data perhitungan, untuk hipotesis self efficacy berpengaruh terhadap kecurangan akademik, diperoleh PValue sebesar 0,04 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa self efficacy berpengaruh terhadap kecurangan akademik siswa. Pada hipotesis tekanan akademik berpengaruh terhadap kecurangan akademik, diperoleh P-Value sebesar 0,03 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa tekanan akademik berpengaruh terhadap kecurangan akademik. Selanjutnya hipotesis disiplin belajar berpengaruh terhadap kecurangan akademik, diperoleh P-Value sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap kecurangan akademik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Self Efficacy, Tekanan Akademik, Disiplin Belajar, Kecurangan Akademik, Partial Least Square (PLS).
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 05 May 2024 05:59
Last Modified: 05 May 2024 05:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56024

Actions (login required)

View Item
View Item