Hardi, Andini Putri (0203) PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7173141002_Cover.pdf
Download (58kB)
7173141002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (794kB)
7173141002_Kata_Pengantar.pdf
Download (288kB)
7173141002_Abstrak.pdf
Download (215kB)
7173141002_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
7173141002_Daftar_Tabel.pdf
Download (142kB)
7173141002_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
7173141002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (112kB)
7173141002_BAB_I.pdf
Download (733kB)
7173141002_BAB_V.pdf
Download (301kB)
7173141002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (237kB)
Abstract
Masalah penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas
Negeri Medan kurang memanfaatkan Sosial Media untuk berwirausaha. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Media Sosila dan Ecommerce terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk
2018 Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan
dengan populasi seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Tahun Masuk
2018 dan sampel berjumlah 89 orang. Uji instrument penelitian menggunakan uji
validitas dan reliabilitas dilakukan dengan aplikasi software SPSS 25 for windows.
Teknik analisis data penelitian: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas,
linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan menggunakan aplikasi
software SPSS 25 for windows.
Hasil uji t menunjukkan media sosial berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 dengan thitung > ttabel (2.035 > 1.987) dengan taraf signifikansi α (0.045 < 0.05). E-commerce berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 dengan thitung > ttabel (4.036 > 1.987) dengan taraf signifikansi α (0.00 < 0.05). Hasil uji f menunjukkan media sosisal dan ecommerce memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi stambuk 2018 dengan Fhitung > Ftabel (15.195 > 3.10) dengan taraf signifikansi α (0.000 < 0.05). Hasil perhitungan regresi linear berganda diperoleh hasil Y= 9.942 + 0.214 X1 + 0.653 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 51.1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Sosial, E-commerce, Minat Berwirausaha |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 May 2024 04:50 |
Last Modified: | 04 May 2024 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56019 |