PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Hardi, Andini Putri (0203) PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7173141002_Cover.pdf] Text
7173141002_Cover.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 7173141002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7173141002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (794kB)
[thumbnail of 7173141002_Kata_Pengantar.pdf] Text
7173141002_Kata_Pengantar.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 7173141002_Abstrak.pdf] Text
7173141002_Abstrak.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 7173141002_Daftar_Isi.pdf] Text
7173141002_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 7173141002_Daftar_Tabel.pdf] Text
7173141002_Daftar_Tabel.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 7173141002_Daftar_Gambar.pdf] Text
7173141002_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 7173141002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7173141002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 7173141002_BAB_I.pdf] Text
7173141002_BAB_I.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of 7173141002_BAB_V.pdf] Text
7173141002_BAB_V.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 7173141002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7173141002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (237kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas
Negeri Medan kurang memanfaatkan Sosial Media untuk berwirausaha. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Media Sosila dan Ecommerce terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk
2018 Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan
dengan populasi seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Tahun Masuk
2018 dan sampel berjumlah 89 orang. Uji instrument penelitian menggunakan uji
validitas dan reliabilitas dilakukan dengan aplikasi software SPSS 25 for windows.
Teknik analisis data penelitian: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas,
linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan menggunakan aplikasi
software SPSS 25 for windows.
Hasil uji t menunjukkan media sosial berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 dengan thitung > ttabel (2.035 > 1.987) dengan taraf signifikansi α (0.045 < 0.05). E-commerce berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 dengan thitung > ttabel (4.036 > 1.987) dengan taraf signifikansi α (0.00 < 0.05). Hasil uji f menunjukkan media sosisal dan ecommerce memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi stambuk 2018 dengan Fhitung > Ftabel (15.195 > 3.10) dengan taraf signifikansi α (0.000 < 0.05). Hasil perhitungan regresi linear berganda diperoleh hasil Y= 9.942 + 0.214 X1 + 0.653 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 51.1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Sosial, E-commerce, Minat Berwirausaha
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 May 2024 04:50
Last Modified: 04 May 2024 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56019

Actions (login required)

View Item
View Item