PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN

Fadlilah, Endah Rezeki (2023) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191151011_Cover.pdf] Text
4191151011_Cover.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4191151011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191151011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4191151011_Abstrak.pdf] Text
4191151011_Abstrak.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of 4191151011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191151011_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4191151011_Daftar_Isi.pdf] Text
4191151011_Daftar_Isi.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of 4191151011_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191151011_Daftar_Tabel.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4191151011_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191151011_Daftar_Gambar.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4191151011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191151011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4191151011_BAB_I.pdf] Text
4191151011_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4191151011_BAB_V.pdf] Text
4191151011_BAB_V.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 4191151011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191151011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan dan mengetahui aspek hasil belajar kognitif apakah yang paling terkembangkan melalui model pembelajaran Learning Cycle 7E pada materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang berjumlah 32 siswa di setiap kelasnya dan dipilih secara simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental research dengan desain penelitian Pretest posttest only control design. Berdasarkan uji hipotesis yang dipakai pada penelitian ini yaitu diperoleh tingkat signifikansi 0,000 < = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hasil yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Kemudian hasil aspek kognitif yang paling terkembangkan pada kelas eksperimen yaitu Cl (Pengetahuan) dengan presentasi ketercapaiannya sebesar 99,21%, lalu C5 sebesar 97,65%, C6 sebesar 85,15%, C2 sebesar 82,81 C3 sebesar 74,21 dan C4 sebesar 57,55%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Learning Cyc/e 7E; Hasil Belajar; Sistem Ekskresi Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 09:37
Last Modified: 01 May 2024 09:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56007

Actions (login required)

View Item
View Item