ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN

Zebua, Dwi Puji Artika (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193151023_Cover.pdf] Text
4193151023_Cover.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4193151023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193151023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4193151023_Abstrak.pdf] Text
4193151023_Abstrak.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4193151023_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193151023_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193151023_Daftar_Isi.pdf] Text
4193151023_Daftar_Isi.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4193151023_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193151023_Daftar_Tabel.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4193151023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193151023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4193151023_BAB_I.pdf] Text
4193151023_BAB_I.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of 4193151023_BAB_V.pdf] Text
4193151023_BAB_V.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4193151023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193151023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan dalam penilaian kelulusan di sekolah sejak tahun 2020 yang semula berdasarkan ketentuan Ujian Nasional (UN) namun kini diganti menjadi Assesmen Nasional (AN) yang berdasar pada 3 kriteria dan salah satunya Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang didalamnya mengukur kemampuan literasi. Rendahnya minat siswa dalam membaca atau berliterasi menjadi alasan penulis tertarik untuk mengangkat judul ini dengan tujuan mengetahui sejauh mana kesiapan siswa terhadap perubahan tersebut serta pemahaman siswa dalam mengerjakan soal literasi. Dalam penelitian ini penulis berfokus pada literasi sains dengan acuan mengukur kompetensi dari setiap soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA melalui pengerjaan instrumen soal literasi sains dalam pembelajaran IPA berdasarkan acuan dari kompetensi PISA 2018, dan juga melalui keterangan guru IPA di sekolah berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan saat penelitian. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 sampai VIII-8 berjumlah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan berdasarkan ketiga kompetensi yang diukur adalah masih tergolong kategori kurang sekali atau sangat rendah dengan rata-rata nilai sebesar 33,17 berdasarkan tabel kriteria kemampuan literasi sains oleh nurhidayah (2020). (2) Kemampuan literasi sains siswa berdasarkan keterangan dari guru di sekolah melalui hasil wawancara yang dilakukan adalah sebagian besar masih rendah dikarenakan siswa malas membaca soal dalam bentuk teks atau narasi sehingga siswa tidak terlatih dalam berliterasi. Dan persentase profil literasi sains siswa terhadap keseluruhan dari total sampel berdasarkan tabel kategori persentase profil literasi sains siswa oleh Mahbengi (2022), yaitu sebanyak 25% siswa dengan kategori telah membudaya atau dikatakan mampu/mahir berliterasi, 30% siswa dengan kategori telah berkembang yaitu sudah menuju lebih baik dalam berliterasi, dan 45% lainnya masih dalam kategori perlu dikembangkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis; Literasi Sains; Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 02:49
Last Modified: 01 May 2024 02:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55996

Actions (login required)

View Item
View Item