Simaremare, Dormauli (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 MUARA T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193341050_Cover.pdf
Download (37kB)
4193341050_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (132kB)
4193341050_Abstrak.pdf
Download (861kB)
4193341050_Kata_Pengantar.pdf
Download (751kB)
4193341050_Daftar_Isi.pdf
Download (92kB)
4193341050_Daftar_Tabel.pdf
Download (92kB)
4193341050_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
4193341050_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
4193341050_BAB_I.pdf
Download (239kB)
4193341050_BAB_V.pdf
Download (89kB)
4193341050_Daftar_Pustaka.pdf
Download (394kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar Siswa dalam mempelajari materi animalia dari aspek kognitif, aspek indikator pembelajaran serta mengenai faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Siswa pada materi animalia di kelas X IPA SMA Negeri 1 Muara Tahun Pembelajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian secara total sampling yang berjumlah 120 siswa. Data yang digunakam adalah tes hasil belajar dan angket kesulitan belajar. Presentase kesulitan belajar Siswa pada aspek kognitif untuk Cl sebesar 55% (kesulitan tinggi), C2 sebesar 48,61% (Kesulitan tinggi), C3 sebesar 52,5% (Kesulitan tinggi), C4 sebesar 55,11% (Kesulitan tinggi), C5 sebesar 62,77% (Kesulitan sangat tinggi) dan C6 sebesar 76,38 % (Kesulitan sangat tinggi). Selanjutnya presentase kesulitan belajar siswa pada aspek indikator kompetensi pembelajaran menjelaskan ciri-ciri umum kindom animalia sebesar 54,83%, indikator kompetensi pembelajaran menemukan ciri-ciri hewan invertebrata sebesar 61,11%, indikator kompetensi pembelajaran Menghubungkan struktur tubuh dan reproduksi hewan invertebrata sebesar 56,66%, indikator kompetensi pembelajaran Menganalisis ciri-ciri hewan vertebrata sebesar 53,66%, indikator kompetensi pembelajaran Memahami struktur tubuh dan reproduksi hewan vertebrata sebesar 66,11%, dan indikator kompetensi pembelajaran Mengaitkan peranan animalia dalam kehidupan sebesar 47,08%. Faktor Yang mempengaruhi kesulitan belajar Siswa ditinjau dari aspek internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi: materi pembelajaran (tinggi), minat (tinggi), dan motivasi (tinggi). Sedangkan aspek ekstemal meliputi: sekolah (tinggi), lingkungan sekolah (tinggi) dan guru (tinggi)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Faktor Kesulitan Belajar; kognitif; Indikator |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 May 2024 02:21 |
Last Modified: | 01 May 2024 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55994 |