ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 MUARA T.P 2022/2023

Simaremare, Dormauli (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 MUARA T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193341050_Cover.pdf] Text
4193341050_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4193341050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193341050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 4193341050_Abstrak.pdf] Text
4193341050_Abstrak.pdf

Download (861kB)
[thumbnail of 4193341050_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193341050_Kata_Pengantar.pdf

Download (751kB)
[thumbnail of 4193341050_Daftar_Isi.pdf] Text
4193341050_Daftar_Isi.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4193341050_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193341050_Daftar_Tabel.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4193341050_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193341050_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4193341050_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193341050_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4193341050_BAB_I.pdf] Text
4193341050_BAB_I.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4193341050_BAB_V.pdf] Text
4193341050_BAB_V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4193341050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193341050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar Siswa dalam mempelajari materi animalia dari aspek kognitif, aspek indikator pembelajaran serta mengenai faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Siswa pada materi animalia di kelas X IPA SMA Negeri 1 Muara Tahun Pembelajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian secara total sampling yang berjumlah 120 siswa. Data yang digunakam adalah tes hasil belajar dan angket kesulitan belajar. Presentase kesulitan belajar Siswa pada aspek kognitif untuk Cl sebesar 55% (kesulitan tinggi), C2 sebesar 48,61% (Kesulitan tinggi), C3 sebesar 52,5% (Kesulitan tinggi), C4 sebesar 55,11% (Kesulitan tinggi), C5 sebesar 62,77% (Kesulitan sangat tinggi) dan C6 sebesar 76,38 % (Kesulitan sangat tinggi). Selanjutnya presentase kesulitan belajar siswa pada aspek indikator kompetensi pembelajaran menjelaskan ciri-ciri umum kindom animalia sebesar 54,83%, indikator kompetensi pembelajaran menemukan ciri-ciri hewan invertebrata sebesar 61,11%, indikator kompetensi pembelajaran Menghubungkan struktur tubuh dan reproduksi hewan invertebrata sebesar 56,66%, indikator kompetensi pembelajaran Menganalisis ciri-ciri hewan vertebrata sebesar 53,66%, indikator kompetensi pembelajaran Memahami struktur tubuh dan reproduksi hewan vertebrata sebesar 66,11%, dan indikator kompetensi pembelajaran Mengaitkan peranan animalia dalam kehidupan sebesar 47,08%. Faktor Yang mempengaruhi kesulitan belajar Siswa ditinjau dari aspek internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi: materi pembelajaran (tinggi), minat (tinggi), dan motivasi (tinggi). Sedangkan aspek ekstemal meliputi: sekolah (tinggi), lingkungan sekolah (tinggi) dan guru (tinggi)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Faktor Kesulitan Belajar; kognitif; Indikator
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 02:21
Last Modified: 01 May 2024 02:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55994

Actions (login required)

View Item
View Item