Lumban Gaol, Grace Margaret (2023) PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF SMA NEGERI 1 DOLOKSANGGUL. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4183141063_Cover.pdf
Download (119kB)
4183141063_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (515kB)
4183141063_Abstrak.pdf
Download (60kB)
4183141063_Kata_Pengantar.pdf
Download (381kB)
4183141063_Daftar_Isi.pdf
Download (190kB)
4183141063_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
4183141063_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
4183141063_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
4183141063_BAB_I.pdf
Download (143kB)
4183141063_BAB_V.pdf
Download (34kB)
4183141063_Daftar_Pustaka.pdf
Download (290kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait; pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa di SMA negeri 1 Doloksanggul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan, dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Doloksanggul. Sampel diambil dengan teknik purposif sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrument soal kemampuan berpikir kritis yang terdiri atas pretest dan posttest dan angket keaktifan siswa. pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa di SMA negeri 1 Doloksanggul sebagai berikut: Terdapat perbandingan hasil perhitungan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan Independent Sample T-Test mendapatkan hasil nilai Sig. (2- tailed) 0,011 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbandingan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest di kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional) dengan eksperimen (menggunakan model pembelajaran PBL). Model pembelajaran PBL lebih baik digunakan terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata 83,08 dari pada model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 75,94
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran PBL; Kemampuan Berpikir Kritis; Keaktifan Sisw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 08:07 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55982 |