PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF SMA NEGERI 1 DOLOKSANGGUL

Lumban Gaol, Grace Margaret (2023) PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF SMA NEGERI 1 DOLOKSANGGUL. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4183141063_Cover.pdf] Text
4183141063_Cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4183141063_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183141063_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of 4183141063_Abstrak.pdf] Text
4183141063_Abstrak.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4183141063_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183141063_Kata_Pengantar.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 4183141063_Daftar_Isi.pdf] Text
4183141063_Daftar_Isi.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4183141063_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183141063_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 4183141063_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183141063_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4183141063_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183141063_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4183141063_BAB_I.pdf] Text
4183141063_BAB_I.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4183141063_BAB_V.pdf] Text
4183141063_BAB_V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4183141063_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183141063_Daftar_Pustaka.pdf

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait; pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa di SMA negeri 1 Doloksanggul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan, dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Doloksanggul. Sampel diambil dengan teknik purposif sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrument soal kemampuan berpikir kritis yang terdiri atas pretest dan posttest dan angket keaktifan siswa. pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa di SMA negeri 1 Doloksanggul sebagai berikut: Terdapat perbandingan hasil perhitungan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan Independent Sample T-Test mendapatkan hasil nilai Sig. (2- tailed) 0,011 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbandingan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest di kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional) dengan eksperimen (menggunakan model pembelajaran PBL). Model pembelajaran PBL lebih baik digunakan terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata 83,08 dari pada model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 75,94

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran PBL; Kemampuan Berpikir Kritis; Keaktifan Sisw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:07
Last Modified: 30 Apr 2024 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55982

Actions (login required)

View Item
View Item