UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PRO LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI VII5 SMPN 8 TEBINGTINGGI T.P. 2022/2023

Sitanggang NIM. 4193351027, Golda Bernadetha (2023) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PRO LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI VII5 SMPN 8 TEBINGTINGGI T.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193351027_Cover.pdf] Text
4193351027_Cover.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4193351027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193351027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 4193351027_Abstrak.pdf] Text
4193351027_Abstrak.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4193351027_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193351027_Kata_Pengantar.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 4193351027_Daftar_Isi.pdf] Text
4193351027_Daftar_Isi.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 4193351027_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193351027_Daftar_Gambar.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4193351027_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193351027_Daftar_Tabel.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4193351027_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193351027_Daftar_Lampiran.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4193351027_BAB_I.pdf] Text
4193351027_BAB_I.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 4193351027_BAB_V.pdf] Text
4193351027_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4193351027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193351027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar peningkatan sikap pro lingkungan dan hasil belajar siswa setelah diberi pembelajaran berbasis masalah di kelas VII5 SMPN 8 Tebingtinggi. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Sampel terdiri dari satu kelas yaitu kelas VII5 yang berjumlah sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap pro lingkungan dan hasil belajar mengalami peningkatan dengan melakukan pembelajaran berbasis masalah pada materi
Pencemaran Lingkungan. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh sikap pro lingkungan siswa pada Pra Siklus sebesar 57,58% dan hasil belajar sebesar 34,00.
Seteleh penerapan pembelajaran berbasis masalah diperoleh sikap pro lingkungan siswa pada Siklus I sebesar 74,08% dan hasil belajar 56,67 siswa yang belum mencapai nilai KKM, sedangkan pada Siklus II diperoleh hasil penelitian untuk
sikap pro lingkungan siswa 83,33% dan hasil belajar 83,78 siswa telah mencapai nilai KKM. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus karena hasil yang diperoleh sudah sesuai dengan indikator ketercapaian penelitian ini yaitu minimal 75%
siswa mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan sikap pro lingkungan dan hasil belajar siswa pada materi Pencemaran Lingkungan dari Pra Siklus ke Siklus I dan terakhir Siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Lingkungan; hasil belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:52
Last Modified: 30 Apr 2024 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55980

Actions (login required)

View Item
View Item