Sitanggang NIM. 4193351027, Golda Bernadetha (2023) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PRO LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI VII5 SMPN 8 TEBINGTINGGI T.P. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193351027_Cover.pdf
Download (111kB)
4193351027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (468kB)
4193351027_Abstrak.pdf
Download (106kB)
4193351027_Kata_Pengantar.pdf
Download (173kB)
4193351027_Daftar_Isi.pdf
Download (105kB)
4193351027_Daftar_Gambar.pdf
Download (76kB)
4193351027_Daftar_Tabel.pdf
Download (57kB)
4193351027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (58kB)
4193351027_BAB_I.pdf
Download (263kB)
4193351027_BAB_V.pdf
Download (83kB)
4193351027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (227kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar peningkatan sikap pro lingkungan dan hasil belajar siswa setelah diberi pembelajaran berbasis masalah di kelas VII5 SMPN 8 Tebingtinggi. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Sampel terdiri dari satu kelas yaitu kelas VII5 yang berjumlah sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap pro lingkungan dan hasil belajar mengalami peningkatan dengan melakukan pembelajaran berbasis masalah pada materi
Pencemaran Lingkungan. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh sikap pro lingkungan siswa pada Pra Siklus sebesar 57,58% dan hasil belajar sebesar 34,00.
Seteleh penerapan pembelajaran berbasis masalah diperoleh sikap pro lingkungan siswa pada Siklus I sebesar 74,08% dan hasil belajar 56,67 siswa yang belum mencapai nilai KKM, sedangkan pada Siklus II diperoleh hasil penelitian untuk
sikap pro lingkungan siswa 83,33% dan hasil belajar 83,78 siswa telah mencapai nilai KKM. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus karena hasil yang diperoleh sudah sesuai dengan indikator ketercapaian penelitian ini yaitu minimal 75%
siswa mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan sikap pro lingkungan dan hasil belajar siswa pada materi Pencemaran Lingkungan dari Pra Siklus ke Siklus I dan terakhir Siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Lingkungan; hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 07:52 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55980 |