PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA

Napitupulu, Yossie Juliastri (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193331003_Cover.pdf] Text
4193331003_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4193331003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193331003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of 4193331003_Abstrak.pdf] Text
4193331003_Abstrak.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4193331003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193331003_Kata_Pengantar.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 4193331003_Daftar_Isi.pdf] Text
4193331003_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193331003_BAB_I.pdf] Text
4193331003_BAB_I.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4193331003_BAB_V.pdf] Text
4193331003_BAB_V.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4193331003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193331003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan media Powtoon dan media Powerpoint. Sampel penelitian diambil secara acak dari populasi yang homogen yaitu kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 dengan jumlah 64 siswa. Hasil N-gain untuk kelas eksperimen I sebesar 0,73% dan untuk kelas eksperimen II sebesar 0,63% berdasarkan hasil belajar kelas eksperimen I termasuk dalam kategori tinggi. Diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I adalah 84,38 sedangkan pada kelas eksperimen II adalah 77,81 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Powtoon dan media Powerpoint.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 2 Nap p
Keywords: Problem based learning; Powtoon; Powerpoint; Larutan penyangga; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:43
Last Modified: 30 Apr 2024 07:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55976

Actions (login required)

View Item
View Item