Napitupulu, Yossie Juliastri (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193331003_Cover.pdf
Download (64kB)
4193331003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (788kB)
4193331003_Abstrak.pdf
Download (279kB)
4193331003_Kata_Pengantar.pdf
Download (331kB)
4193331003_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
4193331003_BAB_I.pdf
Download (88kB)
4193331003_BAB_V.pdf
Download (36kB)
4193331003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (108kB)
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan media Powtoon dan media Powerpoint. Sampel penelitian diambil secara acak dari populasi yang homogen yaitu kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 dengan jumlah 64 siswa. Hasil N-gain untuk kelas eksperimen I sebesar 0,73% dan untuk kelas eksperimen II sebesar 0,63% berdasarkan hasil belajar kelas eksperimen I termasuk dalam kategori tinggi. Diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I adalah 84,38 sedangkan pada kelas eksperimen II adalah 77,81 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Powtoon dan media Powerpoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Nap p |
Keywords: | Problem based learning; Powtoon; Powerpoint; Larutan penyangga; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 07:43 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55976 |