Sinaga, Triana Elisabet (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual. Undergraduate thesis, UNIMED.
5191151002_Cover.pdf
Download (224kB)
5191151002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (837kB)
5191151002_Kata_Pengantar.pdf
Download (200kB)
5191151002_Abstrak.pdf
Download (771kB)
5191151002_Daftar_Isi.pdf
Download (420kB)
5191151002_Daftar_Tabel.pdf
Download (449kB)
5191151002_Daftar_Gambar.pdf
Download (452kB)
5191151002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (386kB)
5191151002_BAB_I.pdf
Download (917kB)
5191151002_BAB_V.pdf
Download (664kB)
5191151002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (632kB)
Abstract
Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka menyebabkan belum tersedianya media pembelajaran mata pelajaran dasar-dasar desain komunikasi visual khususnya pada elemen komposisi typografi. Media pembelajaran yang tersedia juga belum mendukung kegiatan belajar peserta didik secara mandiri, karena media cenderung berisi teks membuat peserta didik masih sulit memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android, mengetahui tingkat kelayakan serta mengukur efektivitas penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran dasar-dasar desain komunikasi visual elemen
komposisi typografi yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMK Tritech Informatika Medan pada kelas X jurusan DKV. Media pembelajaran berbasis android dikembangkan menggunakan aplikasi Kodular yang memiliki fungsi sebagai media pembelajaran pendukung peserta didik dalam melakukan pembelajaran secara mandiri dan dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini menggunakan model ADDIE sebagai model dalam tahapan prosedur penelitian. Produk media pembelajaran berbasis android dikembangkan menggunakan model pengembangan Software
Development Life cycle (SDLC). Berdasarkan hasil uji kelayakan materi oleh ahli materi yaitu dosen dan guru mata pelajaran diperoleh nilai sebesar 4,785 dengan kategori "Sangat layak". Uji kelayakan media oleh ahli media yaitu dua dosen diperoleh nilai sebesar 4,395 dengan kategori "Sangat layak" serta akseptansi peserta didik pada kelas X DKV 1 didapat hasil penilaian 4,679 dengan kategori "akseptansi sangat tinggi". Pengujian efektivitas dilakukan menggunakan uji N-gain yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Nilai n-gain skor kelas kontrol 0,31 atau 31,50% kategori "Tidak Efektif" dan kelas eksperimen 0,77 atau 77,34% kategori "Efektif". Berdasarkan pengujian tersebut, terdapat perbedaan hasil pengujian yang cukup signifikan. Kelas ekperimen sebagai kelas yang menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh hasil n-gain lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan akhir yang diperoleh adalah pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran dasar-dasar desain komunikasi visual sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 07:19 |
Last Modified: | 02 May 2024 02:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55974 |