Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual

Sinaga, Triana Elisabet (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5191151002_Cover.pdf] Text
5191151002_Cover.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 5191151002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5191151002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of 5191151002_Kata_Pengantar.pdf] Text
5191151002_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 5191151002_Abstrak.pdf] Text
5191151002_Abstrak.pdf

Download (771kB)
[thumbnail of 5191151002_Daftar_Isi.pdf] Text
5191151002_Daftar_Isi.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 5191151002_Daftar_Tabel.pdf] Text
5191151002_Daftar_Tabel.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 5191151002_Daftar_Gambar.pdf] Text
5191151002_Daftar_Gambar.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 5191151002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5191151002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 5191151002_BAB_I.pdf] Text
5191151002_BAB_I.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of 5191151002_BAB_V.pdf] Text
5191151002_BAB_V.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of 5191151002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5191151002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (632kB)

Abstract

Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka menyebabkan belum tersedianya media pembelajaran mata pelajaran dasar-dasar desain komunikasi visual khususnya pada elemen komposisi typografi. Media pembelajaran yang tersedia juga belum mendukung kegiatan belajar peserta didik secara mandiri, karena media cenderung berisi teks membuat peserta didik masih sulit memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android, mengetahui tingkat kelayakan serta mengukur efektivitas penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran dasar-dasar desain komunikasi visual elemen
komposisi typografi yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMK Tritech Informatika Medan pada kelas X jurusan DKV. Media pembelajaran berbasis android dikembangkan menggunakan aplikasi Kodular yang memiliki fungsi sebagai media pembelajaran pendukung peserta didik dalam melakukan pembelajaran secara mandiri dan dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini menggunakan model ADDIE sebagai model dalam tahapan prosedur penelitian. Produk media pembelajaran berbasis android dikembangkan menggunakan model pengembangan Software
Development Life cycle (SDLC). Berdasarkan hasil uji kelayakan materi oleh ahli materi yaitu dosen dan guru mata pelajaran diperoleh nilai sebesar 4,785 dengan kategori "Sangat layak". Uji kelayakan media oleh ahli media yaitu dua dosen diperoleh nilai sebesar 4,395 dengan kategori "Sangat layak" serta akseptansi peserta didik pada kelas X DKV 1 didapat hasil penilaian 4,679 dengan kategori "akseptansi sangat tinggi". Pengujian efektivitas dilakukan menggunakan uji N-gain yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Nilai n-gain skor kelas kontrol 0,31 atau 31,50% kategori "Tidak Efektif" dan kelas eksperimen 0,77 atau 77,34% kategori "Efektif". Berdasarkan pengujian tersebut, terdapat perbedaan hasil pengujian yang cukup signifikan. Kelas ekperimen sebagai kelas yang menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh hasil n-gain lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan akhir yang diperoleh adalah pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran dasar-dasar desain komunikasi visual sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:19
Last Modified: 02 May 2024 02:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55974

Actions (login required)

View Item
View Item