Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Gultom, Suharni Anjelina (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192451004_Cover.pdf] Text
5192451004_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 5192451004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192451004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of 5192451004_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192451004_Kata_Pengantar.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 5192451004_Abstrak.pdf] Text
5192451004_Abstrak.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 5192451004_Daftar_Isi.pdf] Text
5192451004_Daftar_Isi.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 5192451004_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192451004_Daftar_Tabel.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 5192451004_Daftar_Gambar.pdf] Text
5192451004_Daftar_Gambar.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 5192451004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192451004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 5192451004_BAB_I.pdf] Text
5192451004_BAB_I.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 5192451004_BAB_V.pdf] Text
5192451004_BAB_V.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 5192451004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192451004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (379kB)

Abstract

Perubahan kurikulum mengakibatkan banyak terjadi perubahan dalam aspek mata pelajaran di sekolah, sama halnya dengan perubahan kurikulum pada SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil wawancara, dalam kegiatan pembelajaran media yang digunakan masih terbatas yaitu media power point yang hanya menampilkan teks. Sementara, dalam capaian pembelajaran Pemrograman Web siswa harus menerapkan perintah HTML, CSS dan pemrograman Javascript. Proses pembelajaran masih ditemukan kendala yaitu peserta didik seringkali salah dalam
menyimpan file program sehingga pada tampilan localhost sering muncul error. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak pada Elemen F3 Pemrograman Web serta untuk mengetahui kelayakan dan
efektivitas dari media pembelajaran yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur penelitian menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Model pengembangan
produk menggunakan RAD (Rapid Application Development).
Media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan memuat menu profil, menu petunjuk, menu bantuan, menu capaian dan tujuan pembelajaran, menu materi, menu video pembelajaran, menu praktik, dan menu kuis. Hasil uji kelayakan konten (materi) mendapat hasil sebesar 4,548 dengan kategori “Sangat Layak”. Uji kelayakan konstruksi produk mendapatkan hasil 4,625 dengan kategori “Sangat Layak”. Uji akseptansi pengguna memperoleh hasil sebesar 4,626 dengan kategori “Akseptansi Sangat Tinggi”. Selanjutnya dilakukan uji efektivitas dengan menggunakan pengujian N-Gain score. Hasil perolehan nilai N-Gain score pada kelas eksperimen mendapat nilai sebesar 71% dengan keterangan “Efektif”. Dari hasil uji kelayakan dan efektivitas yang telah dilakukan, diambil simpulan bahwa media belajar berbasis android sangat layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: ADDIE; Android; Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:59
Last Modified: 30 Apr 2024 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55973

Actions (login required)

View Item
View Item