Gultom, Suharni Anjelina (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192451004_Cover.pdf
Download (52kB)
5192451004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (512kB)
5192451004_Kata_Pengantar.pdf
Download (334kB)
5192451004_Abstrak.pdf
Download (324kB)
5192451004_Daftar_Isi.pdf
Download (69kB)
5192451004_Daftar_Tabel.pdf
Download (176kB)
5192451004_Daftar_Gambar.pdf
Download (173kB)
5192451004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (176kB)
5192451004_BAB_I.pdf
Download (529kB)
5192451004_BAB_V.pdf
Download (349kB)
5192451004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (379kB)
Abstract
Perubahan kurikulum mengakibatkan banyak terjadi perubahan dalam aspek mata pelajaran di sekolah, sama halnya dengan perubahan kurikulum pada SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil wawancara, dalam kegiatan pembelajaran media yang digunakan masih terbatas yaitu media power point yang hanya menampilkan teks. Sementara, dalam capaian pembelajaran Pemrograman Web siswa harus menerapkan perintah HTML, CSS dan pemrograman Javascript. Proses pembelajaran masih ditemukan kendala yaitu peserta didik seringkali salah dalam
menyimpan file program sehingga pada tampilan localhost sering muncul error. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak pada Elemen F3 Pemrograman Web serta untuk mengetahui kelayakan dan
efektivitas dari media pembelajaran yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur penelitian menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Model pengembangan
produk menggunakan RAD (Rapid Application Development).
Media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan memuat menu profil, menu petunjuk, menu bantuan, menu capaian dan tujuan pembelajaran, menu materi, menu video pembelajaran, menu praktik, dan menu kuis. Hasil uji kelayakan konten (materi) mendapat hasil sebesar 4,548 dengan kategori “Sangat Layak”. Uji kelayakan konstruksi produk mendapatkan hasil 4,625 dengan kategori “Sangat Layak”. Uji akseptansi pengguna memperoleh hasil sebesar 4,626 dengan kategori “Akseptansi Sangat Tinggi”. Selanjutnya dilakukan uji efektivitas dengan menggunakan pengujian N-Gain score. Hasil perolehan nilai N-Gain score pada kelas eksperimen mendapat nilai sebesar 71% dengan keterangan “Efektif”. Dari hasil uji kelayakan dan efektivitas yang telah dilakukan, diambil simpulan bahwa media belajar berbasis android sangat layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | ADDIE; Android; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 06:59 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55973 |