PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK BUKU ELEKTRONIK TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Samosir, Yulia Sahana (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK BUKU ELEKTRONIK TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193131048_Cover.pdf] Text
4193131048_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4193131048_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193131048_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 4193131048_Abstrak.pdf] Text
4193131048_Abstrak.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4193131048_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193131048_Kata_Pengantar.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 4193131048_Daftar_Isi.pdf] Text
4193131048_Daftar_Isi.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 4193131048_BAB_I.pdf] Text
4193131048_BAB_I.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 4193131048_BAB_V.pdf] Text
4193131048_BAB_V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4193131048_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193131048_Daftar_Pustaka.pdf

Download (249kB)

Abstract

Pemilihan bahan ajar merupakan bagian penting dalam pembelajaran, oleh karena itu guru sekiranya dapat mengembangkan bahan ajar yang sesuai untuk upaya meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Maka dilakukan penelitian bertujuan menghasilkan bahan ajar berbentuk buku elektronik yang terintegrasi Keterampilan Generik Sains (KGS) untuk meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi peserta didik pada materi Kesetimbangan Kimia pada SMA kelas XI di sekolah menengah atas Swasta Laksamana Martadinata Medan melalui penelitian dan pengembangan atau (Research & Development, R&D) model 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Pengembangan bahan ajar dimulai dari (1) analisis buku (terdapat empat buku yang dianalisis) dan analisis konsep (2) perancangan bahan ajar, (3) standarisasi bahan ajar dengan menggunakan angket penilaian BSNP yang telah dimodifikasi, (4) revisi dan pengembangan bahan ajar), dan (5) uji coba lapangan bahan ajar dan tahap revisi akhir. Bahan ajar terdiri dari fitur-fitur seperti; “Untuk Diingat”, “Pemahaman Dasar”, “Konsep Kimia” dan beberapa gambar yang berfungsi sebagai tambahan untuk meningkatkan KGS dan fitur untuk menambah pengetahuan dan menarik minat peserta didik terhadap materi pembelajaran, seperti; “Info Kimia”, “Warta Kimia”, dan “Tokoh Kimia”. Pada bahan ajar terdapat “Contoh Soal” dan “Mandiri Kimia” untuk lebih melatih pemahaman peserta didik. Berdasarkan hasil standarisasi oleh ahli materi dan ahli media, bahan ajar melalui tahap revisi untuk dihasilkan bahan ajar yang sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Kemudian dilakukan ujicoba lapangan untuk memperoleh respon guru dan peserta didik sebagai pengguna bahan ajar dan didapatkan hasil bahan ajar sangat baik digunakan sebagai sumber belajar dan sangat menarik bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 Sam p
Keywords: Bahan ajar; Buku elektronik; Keterampilan generik sains; Kesetimbangan kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:45
Last Modified: 30 Apr 2024 06:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55966

Actions (login required)

View Item
View Item