Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Fotografi Dasar Sebagai Pendukung Proses Pembelajaran Di Smk Tritech Informatika Medan

Bhatta, Gopala (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Fotografi Dasar Sebagai Pendukung Proses Pembelajaran Di Smk Tritech Informatika Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193151032_Cover.pdf] Text
5193151032_Cover.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 5193151032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193151032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 5193151032_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193151032_Kata_Pengantar.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 5193151032_Abstrak.pdf] Text
5193151032_Abstrak.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 5193151032_Daftar_Isi.pdf] Text
5193151032_Daftar_Isi.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 5193151032_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193151032_Daftar_Tabel.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 5193151032_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193151032_Daftar_Gambar.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 5193151032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193151032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 5193151032_BAB_I.pdf] Text
5193151032_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 5193151032_BAB_V.pdf] Text
5193151032_BAB_V.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 5193151032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193151032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar diterapkan untuk meningkatkan literasi, numerasi, dan pengetahuan peserta didik. Selain itu salah satu tantangan dalam penerapan kurikulum
merdeka ialah penggunaan fasilitas teknologi berbasis digital, khususnya pada mata pelajaran produktif di SMK. Penggunaan media pembelajaran, seperti Powerpoint, masih
belum mampu memaksimalkan proses pembelajaran karena kurangnya interaktifitas dan variasi. Diperlukan media pembelajaran yang lebih inovatif, terutama dalam menghadirkan materi yang kompleks. Teknologi augmented reality (AR) muncul sebagai solusi yang efektif dan inovatif dalam mendukung proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini ialah melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality dasar yang valid serta mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran fotografi dasar sebagai pendukung proses pembelajaran di SMK Tritech Informatika Medan. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Media pembelajaran yang telah dinyatakan valid selanjutnya dilakukan implementasi dalam proses pembelajaran disekolah,
kemudian dilakukan uji efektivitas dengan menggunakan uji N-Gain yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media dalam proses pembelajaran. Berdasarkan uji N-Gain yang dilakukan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai rata-rata N Gain kelas eksperimen sebesar 0,726 yang memiliki kategori efektif, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,281 yang memiliki kategori tidak efektif. Sehingga berdasarkan hasil uji efektivitas dapat diketahui media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran fotografi dasar efektif digunakan untuk proses belajar di SMK Tritech Informatika Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Augmented Reality; Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:29
Last Modified: 30 Apr 2024 06:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55964

Actions (login required)

View Item
View Item