Safitri, Gadis Lailan (2023) IMPLEMENTASI KAHOOT DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4161141025_Cover.pdf
Download (64kB)
4161141025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (602kB)
4161141025_Abstrak.pdf
Download (103kB)
4161141025_Kata_Pengantar.pdf
Download (99kB)
4161141025_Daftar_Isi.pdf
Download (86kB)
4161141025_Daftar_Gambar.pdf
Download (64kB)
4161141025_Daftar_Tabel.pdf
Download (66kB)
4161141025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (63kB)
4161141025_BAB_I.pdf
Download (180kB)
4161141025_BAB_V.pdf
Download (59kB)
4161141025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (190kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap peningkatan hasil belajar biologi pada materi sistem peredaran darah menggunakan aplikasi Kahoot di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik class random sampling menggunakan metode undian. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1 dan kelas XI
MIA 2. Disain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket minat belajar siswa setelah menggunakan Kahoot dan soal kognitif berbentuk pilihan berganda, pernyataan sebab akibat juga pilihan benar salah. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa nilai rata-rata angket minat belajar siswa untuk kelas eksperimen sebesar 80,93, yang artinya minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Morawa menggunakan Kahoot tergolong tinggi. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar
siswa dengan nilai Sig. (2-tailed = 0,001) < ½ α (0,025). Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa pada materi sistem peredaran darah dengan hasil nilai n-gain sebesar 0.63. Berdasarkan nilai rata-rata angket kelas
eksperimen dan nilai posttest kelas eksperimen, dengan menggunakan uji regresi linier didapat nilai signifikansi sebesar 0,008 (Sig.) < 0,05 (). Dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh antara minat belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa setelah implementasi Kahoot pada pembelajaran biologi dan evaluasi kognitif materi sistem peredaran darah di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat belajar; Peredaran darah; Belajar biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:12 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55934 |