Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Kelas XI Di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2023/2024

Pardede, Disman Otniel Paul (2024) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Kelas XI Di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193121020_Cover.pdf] Text
5193121020_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 5193121020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193121020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 5193121020_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193121020_Kata_Pengantar.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 5193121020_Abstrak.pdf] Text
5193121020_Abstrak.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 5193121020_Daftar_Isi.pdf] Text
5193121020_Daftar_Isi.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 5193121020_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193121020_Daftar_Tabel.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 5193121020_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193121020_Daftar_Gambar.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 5193121020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193121020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 5193121020_BAB_I.pdf] Text
5193121020_BAB_I.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 5193121020_BAB_V.pdf] Text
5193121020_BAB_V.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 5193121020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193121020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan belajar yang dialami siswa di SMK Negeri 13 Medan mata pelajaran Teknik pengelasan ditinjau dari berbagai faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dan mengetahui usaha mengatasi kesulitan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan nyata tentang penyebab kesulitan belajar siswa di SMK Negeri 13 Medan dan usaha mengatasi kesulitan belajar di SMK Negeri 13 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik
pengelasan. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket./ kuesioner dengan skala likert. Uji validitas menggunakan rumus koefisien korelasi Product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus koefisien alpha. Hasil dalam penelitian ini menunjjukkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Teknik pengelasan ditinjau dari Faktor kesulitan belajar berdasarkan analisis yang telah dilakukan di dapatkan hasil bahwa faktor Diri pribadi
adalah yang paling tinggi yaitu sebesar 18,27% jasmani, faktor Ekonomi keluarga sebesar 17,28%, faktor Kesehatan sebesar 16,77%, faktor masyarakat sebesar 16,18%, dan faktor Keluarga sebesar 16,35%, faktor sekolah 15,15% dalam kategori kesulitan belajar. Usaha mengatasi kesulitan belajar dilihat dari Faktor kesiapan belajar dalam
penelitian ini yaitu sebesar 34,12% , motivasi belajar sebesar 33,8% dan konsistensi belajar sebesar 32,08% dalam kategori usaha siswa mengatasi kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Faktor kesulitan belajar; Usaha mengatasi kesulitan belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:20
Last Modified: 30 Apr 2024 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55914

Actions (login required)

View Item
View Item