Pardede, Disman Otniel Paul (2024) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Kelas XI Di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193121020_Cover.pdf
Download (87kB)
5193121020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (467kB)
5193121020_Kata_Pengantar.pdf
Download (262kB)
5193121020_Abstrak.pdf
Download (108kB)
5193121020_Daftar_Isi.pdf
Download (148kB)
5193121020_Daftar_Tabel.pdf
Download (79kB)
5193121020_Daftar_Gambar.pdf
Download (79kB)
5193121020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (78kB)
5193121020_BAB_I.pdf
Download (299kB)
5193121020_BAB_V.pdf
Download (106kB)
5193121020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (201kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan belajar yang dialami siswa di SMK Negeri 13 Medan mata pelajaran Teknik pengelasan ditinjau dari berbagai faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dan mengetahui usaha mengatasi kesulitan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan nyata tentang penyebab kesulitan belajar siswa di SMK Negeri 13 Medan dan usaha mengatasi kesulitan belajar di SMK Negeri 13 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik
pengelasan. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket./ kuesioner dengan skala likert. Uji validitas menggunakan rumus koefisien korelasi Product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus koefisien alpha. Hasil dalam penelitian ini menunjjukkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Teknik pengelasan ditinjau dari Faktor kesulitan belajar berdasarkan analisis yang telah dilakukan di dapatkan hasil bahwa faktor Diri pribadi
adalah yang paling tinggi yaitu sebesar 18,27% jasmani, faktor Ekonomi keluarga sebesar 17,28%, faktor Kesehatan sebesar 16,77%, faktor masyarakat sebesar 16,18%, dan faktor Keluarga sebesar 16,35%, faktor sekolah 15,15% dalam kategori kesulitan belajar. Usaha mengatasi kesulitan belajar dilihat dari Faktor kesiapan belajar dalam
penelitian ini yaitu sebesar 34,12% , motivasi belajar sebesar 33,8% dan konsistensi belajar sebesar 32,08% dalam kategori usaha siswa mengatasi kesulitan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Faktor kesulitan belajar; Usaha mengatasi kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:20 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55914 |