Pengembangan Perangkat Ajar Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Kurikulum Merdeka Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pegajahan Tahun Pelajaran 2022-2023

Firdaus, Maulida Nuzula (2023) Pengembangan Perangkat Ajar Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Kurikulum Merdeka Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pegajahan Tahun Pelajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2193111023 COVER.pdf] Text
1. NIM.2193111023 COVER.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2. NIM.2193111023 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2193111023 APPROVAL SHEET.pdf

Download (859kB)
[thumbnail of 3. NIM.2193111023 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2193111023 ABSTRACT.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4. NIM.2193111023 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2193111023 PREFACE.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 5. NIM.2193111023 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2193111023 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 6. NIM.2193111023 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2193111023 LIST OF FIGURE.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 7. NIM.2193111023 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2193111023 LIST OF TABLE.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 8. NIM.2193111023 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
8. NIM.2193111023 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 9. NIM.2193111023 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM.2193111023 CHAPTER I.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 13. NIM.2193111023 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.2193111023 CHAPTER V.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 14. NIM.2193111023 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.2193111023 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengembangkan perangkat ajar berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas XI SMA materi karya tulis ilmiah dan untuk menguji kelayakan produk perangkat ajar berbasis CTL menurut para ahli. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model penelitian Borg and Gall. Langkah penelitian tersebut adalah Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba
kelompok kecil. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Presentase skor validasi oleh dua ahli materi yaitu 86,89% dan 87,55% dengan kategori “sangat baik”. Validasi ketiga yaitu validasi desain, penilaian dilakukan setelah revisi dengan skor rata – rata 85.45% dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, perangkat pembelajaran ini layak di implementasikan di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kontekstual, Perangkat Ajar, karya Tulis Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:22
Last Modified: 30 Apr 2024 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55912

Actions (login required)

View Item
View Item