PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Zebua, Fransiska Saputri (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192421008_Cover.pdf] Text
4192421008_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4192421008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192421008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of 4192421008_Abstrak.pdf] Text
4192421008_Abstrak.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4192421008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192421008_Kata_Pengantar.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 4192421008_Daftar_Isi.pdf] Text
4192421008_Daftar_Isi.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4192421008_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192421008_Daftar_Gambar.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4192421008_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192421008_Daftar_Tabel.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4192421008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192421008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4192421008_BAB_I.pdf] Text
4192421008_BAB_I.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4192421008_BAB_V.pdf] Text
4192421008_BAB_V.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4192421008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192421008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (317kB)

Abstract

Pemilihan model dan media pembelajaran yang kurang bervariasi
menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan
desain two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI-A sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI-B sebagai kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay sebanyak 7 soal yang sudah divalidasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model problem based learning berbantuan media PhET berpengaruh signifikan pada kemampuan pemecahan masalah peserta didik, sehingga model problem based learning berbantuan media PhET memberikan dampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi suhu dan kalor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peserta didik; Suhu dan kalor; Pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:44
Last Modified: 30 Apr 2024 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55878

Actions (login required)

View Item
View Item