Damanik, Arif Yahya (2024) Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Swasta 2 Taman Siswa Pematang Siantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193131004_Cover.pdf
Download (41kB)
5193131004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (398kB)
5193131004_Kata_Pengantar.pdf
Download (171kB)
5193131004_Abstrak.pdf
Download (63kB)
5193131004_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
5193131004_Daftar_Tabel.pdf
Download (312kB)
5193131004_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
5193131004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (209kB)
5193131004_BAB_I.pdf
Download (279kB)
5193131004_BAB_V.pdf
Download (187kB)
5193131004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (296kB)
Abstract
Pendidikan harus mampu menghasilkan lulusan yang siap memenuhi tuntutan pasar kerja yang selalu berubah. Untuk mencapai hal tersebut, pendekatan pembelajaran yang inovatif dan efektif harus digunakan dalam proses belajar mengajar. Penerapan model pembelajaran yang digunakan di SMK Swasta 2
Taman Siswa Pematang Siantar menurut hasil observasi menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru (centered learning). Siswa hanya bergantung kepada guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dalam
proses belajar mengajar siswa sering kurang fokus dalam pembelajaran dan sangat lemah dalam menjawab pertanyaan serta bertanya tentang materi yang sedang dipelajari. Inilah yang menjadi masalah yang menjadi penyebab rendahnya nilai
hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menerapkan Desain Pre Eksperimental. Desain ini menggunakan One-Group Pretest Posttest Design.
Sampel penelitian hanya menggunakan 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Model pembelajaran yang digunakan adalah model project based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam berbagai
aspek, termasuk pemahaman kognitif, perkembangan afektif, dan keterampilan psikomotorik. Setelah dilakukan analisis data dan uji paired sample test, hasil nilai signifikansi sebesar 0.000. Nilai signifikansi ini jelas lebih kecil daripada tingkat signifikansi yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 0.05. Oleh karena itu, berdasarkan hasil ini, hipotesis nol (Ho) harus ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Dengan kata lain, penggunaan model pembelajaran Project Based Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Project Based Learning; Hasil Belajar; Penerapan Rangkaian Elektronika |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T61 Technical education. Technical schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 01:31 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 01:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55865 |