Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan Di SMKN 1 Merdeka Kabupaten Karo

Sidabutar, Aan Mantoro (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Ketenagalistrikan Di SMKN 1 Merdeka Kabupaten Karo. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193131025_Cover.pdf] Text
5193131025_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 5193131025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193131025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 5193131025_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193131025_Kata_Pengantar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 5193131025_Abstrak.pdf] Text
5193131025_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 5193131025_Daftar_Isi.pdf] Text
5193131025_Daftar_Isi.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 5193131025_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193131025_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 5193131025_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193131025_Daftar_Gambar.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 5193131025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193131025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 5193131025_BAB_I.pdf] Text
5193131025_BAB_I.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 5193131025_BAB_V.pdf] Text
5193131025_BAB_V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 5193131025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193131025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar ketenagalistrikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment
dengan desain penelitian yang digunakan ialah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian yang dilakukan yaitu seluruh siswa kelas X TITL SMKN 1 Merdeka Kabupaten Karo yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 72 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas X TITL-1 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem
based learning dan kelas X TITL-2 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran ekspositori. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa tes pilihan berganda yang terdiri dari 35 soal. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat pre-test menunjukkan perubahan yang signifikan pada saat siswa melakukan post
test yaitu pada kelas eksperimen pre-test 44.17 dan post-test 77,35 sedangkan pada kelas kontrol pre-test 43.37 dan post-test 71,14, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pengaruh; problem based learning; ekspositori; hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:14
Last Modified: 30 Apr 2024 01:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55861

Actions (login required)

View Item
View Item