Ramadhan, Dewi (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP NEGERI 23 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111027_Cover.pdf
Download (80kB)
4193111027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (306kB)
4193111027_Abstrak.pdf
Download (232kB)
4193111027_Kata_Pengantar.pdf
Download (200kB)
4193111027_Daftar_Isi.pdf
Download (126kB)
4193111027_Daftar_Tabel.pdf
Download (91kB)
4193111027_Daftar_Gambar.pdf
Download (93kB)
4193111027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (91kB)
4193111027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (91kB)
4193111027_BAB_I.pdf
Download (676kB)
4193111027_BAB_V.pdf
Download (169kB)
4193111027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (325kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa SMP Negeri 23 Medan melalui penerapan model pembelajaran Matematika Realistik berbantuan GeoGebra. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 23 Medan yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan lembar observasi guru dan siswa, serta tes kemampuan spasial siswa. Tes dilakukan sebanyak 4 kali, yaitu dimana pada awal diberikan tes awal, kedua tes kemampuan spasial 1, ketiga tes kemampuan spasial II dan keempat tes kemampuan spasial IV. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indicator keberhasilan yaitu (1) Tingkat target keberhasilan klasikal minimal mencapai 80% siswa yang memperoleh skor kemampuan spasial minimal kategori cukup, (2) Indikator persentase kemampuan spasial siswa mencapai kriteria ≥ ��, (3) Hasil observasi guru menunjukkan kategori baik. Pada tes awal secara klasikal 3 siswa (12%) tuntas dan rata-rata kemampuan tes awal ialah 40,2 dengan Tingkat kemampuan kategori sangat rendah. Pada siklus I mengalami peningkatan secara klasikal diperoleh 10 siswa (40%) tuntas dan rata-rata tes kemampuan diperoleh 62,6 dengan tingkat kemampuan kategori rendah. Pada tes siklus II mengalami peningkatan secara klasikal 17 siswa (68%) dengan tingkat kemampuan kategori cukup dengan nilai rata-rata 75,6 dan pada tes siklus III mengalami peningkatan secara klasikal 22 siswa (88%) tuntas kategori tinggi. Dengan meningkatnya rata-rata kemampuan spasial disetiap siklus dan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa SMP Negeri 23 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Matematika Realistik; GeoGebra; Kemampuan Spasial; Peningkatan Kemampuan Spasial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 13:05 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 13:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55855 |