Hubungan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dengan Pesrepsi Soft Skill dan Persepsi Hard Skill Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan

Tobing, Priscilla (2023) Hubungan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dengan Pesrepsi Soft Skill dan Persepsi Hard Skill Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192411004_Cover.pdf] Text
5192411004_Cover.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 5192411004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192411004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 5192411004_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192411004_Kata_Pengantar.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of 5192411004_Abstrak.pdf] Text
5192411004_Abstrak.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 5192411004_Daftar_Isi.pdf] Text
5192411004_Daftar_Isi.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 5192411004_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192411004_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 5192411004_Daftar_Gambar.pdf] Text
5192411004_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 5192411004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192411004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 5192411004_BAB_I.pdf] Text
5192411004_BAB_I.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 5192411004_BAB_V.pdf] Text
5192411004_BAB_V.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 5192411004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192411004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan linear yang positif dan berarti antara implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dengan persepsi soft skill mahasiswa, 2) untuk mengetahui apakah
terdapat hubungan linear yang positif dan berarti antara implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dengan persepsi hard skill mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu mahasiswa program studi
Pendidikan Teknik Bangunan UNIMED tahun ajaran 2018/2019, 2019/2020, dan 2020/2021 yang menjadi peserta program MBKM dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, korelasi, dan regresi pada taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan linear yang positif dan berarti antara implementasi MBKM dengan persepsi soft skill mahasiswa dengan besarnya nilai koefisien korelasi yang positif rhitung = 0,524 > rtabel = 0,361 dan pengujian keberartian thitung = 3,254 > ttabel = 2,048 dengan R Square sebesar 0,274 yang artinya terdapat hubungan antara implementasi MBKM dengan persepsi soft skill mahasiswa sebesar 27,4% dan selebihnya 72,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang tidak diteliti. 2) terdapat hubungan linear yang positif dan berarti antara implementasi MBKM dengan persepsi hard skill mahasiswa dengan besarnya nilai koefisien korelasi yang positif rhitung = 0,510 >
rtabel = 0,361 dan pengujian keberartian thitung = 3,138 > ttabel = 2,048 dengan R Square sebesar 0,260 yang artinya terdapat hubungan antara implementasi MBKM dengan persepsi hard skill mahasiswa sebesar 26% dan selebihnya 74%
dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Implementasi; Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM); persepsi soft skill; persepsi hard skill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:58
Last Modified: 29 Apr 2024 08:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55828

Actions (login required)

View Item
View Item