Tobing, Priscilla (2023) Hubungan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dengan Pesrepsi Soft Skill dan Persepsi Hard Skill Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192411004_Cover.pdf
Download (125kB)
5192411004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (354kB)
5192411004_Kata_Pengantar.pdf
Download (501kB)
5192411004_Abstrak.pdf
Download (297kB)
5192411004_Daftar_Isi.pdf
Download (215kB)
5192411004_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
5192411004_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
5192411004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
5192411004_BAB_I.pdf
Download (448kB)
5192411004_BAB_V.pdf
Download (153kB)
5192411004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (210kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan linear yang positif dan berarti antara implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dengan persepsi soft skill mahasiswa, 2) untuk mengetahui apakah
terdapat hubungan linear yang positif dan berarti antara implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dengan persepsi hard skill mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu mahasiswa program studi
Pendidikan Teknik Bangunan UNIMED tahun ajaran 2018/2019, 2019/2020, dan 2020/2021 yang menjadi peserta program MBKM dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, korelasi, dan regresi pada taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan linear yang positif dan berarti antara implementasi MBKM dengan persepsi soft skill mahasiswa dengan besarnya nilai koefisien korelasi yang positif rhitung = 0,524 > rtabel = 0,361 dan pengujian keberartian thitung = 3,254 > ttabel = 2,048 dengan R Square sebesar 0,274 yang artinya terdapat hubungan antara implementasi MBKM dengan persepsi soft skill mahasiswa sebesar 27,4% dan selebihnya 72,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang tidak diteliti. 2) terdapat hubungan linear yang positif dan berarti antara implementasi MBKM dengan persepsi hard skill mahasiswa dengan besarnya nilai koefisien korelasi yang positif rhitung = 0,510 >
rtabel = 0,361 dan pengujian keberartian thitung = 3,138 > ttabel = 2,048 dengan R Square sebesar 0,260 yang artinya terdapat hubungan antara implementasi MBKM dengan persepsi hard skill mahasiswa sebesar 26% dan selebihnya 74%
dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi; Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM); persepsi soft skill; persepsi hard skill |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:58 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55828 |