Sihombing, Fitri Dalia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANGDI SMP NEGERI 27 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192451001_Cover.pdf
Download (79kB)
4192451001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (74kB)
4192451001_Abstrak.pdf
Download (142kB)
4192451001_Kata_Pengantar.pdf
Download (138kB)
4192451001_Daftar_Isi.pdf
Download (103kB)
4192451001_Daftar_Gambar.pdf
Download (48kB)
4192451001_Daftar_Tabel.pdf
Download (49kB)
4192451001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (48kB)
4192451001_BAB_I.pdf
Download (236kB)
4192451001_BAB_V.pdf
Download (76kB)
4192451001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (140kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran PBL berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa pada
materi getaran dan gelombangkelasVIII di SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest dan postest control
group design. Penelitian ini menggunakan dua sample yaitu keas VIII 7 sebagai kelas
ekperiment menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan PhET simulation
dan VIII 9 sebagai kelas control menggunakan model pembelajaran konvensional
(ceramah). Pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan random sampling
dengan jumblah siswa 35 pada kelas eksperiment dan 32 pada kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui instrument test hasil belajar berupa pretes dan
posttest yang sudah divalidasikan dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperiment yaitu 82,42 dan
rata-rata kelas kontrol 75,93, ini menunjukan rata-rata menggunakan model
pembelajaran PBL berbantuan PhET simulation lebih tinggi dari pada menggunakan
konvensional. Hasil hipotesis menggunakan Uji-t menunjukkan nilai postes
perhitungan uji-t nilai sign-2 tailed adalah 3,193 > 1,997 yang berarti adanya
perbedaan signifikan antara kelas ekperiment dan kelas control, ini menunjukan
model pembelajaran PBL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran
menggunakan konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Simulasi; hasil belajar; Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 07:39 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55807 |