Sihombing, Fitri Dalia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANGDI SMP NEGERI 27 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192451001_Cover.pdf
Download (79kB)
4192451001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (74kB)
4192451001_Abstrak.pdf
Download (142kB)
4192451001_Kata_Pengantar.pdf
Download (138kB)
4192451001_Daftar_Isi.pdf
Download (103kB)
4192451001_Daftar_Gambar.pdf
Download (48kB)
4192451001_Daftar_Tabel.pdf
Download (49kB)
4192451001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (48kB)
4192451001_BAB_I.pdf
Download (236kB)
4192451001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (581kB)
4192451001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (386kB)
4192451001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (354kB)
4192451001_BAB_V.pdf
Download (76kB)
4192451001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (140kB)
4192451001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombangkelasVIII di SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest dan postest control group design. Penelitian ini menggunakan dua sample yaitu keas VIII 7 sebagai kelas ekperiment menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan PhET simulation dan VIII 9 sebagai kelas control menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumblah siswa 35 pada kelas eksperiment dan 32 pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrument test hasil belajar berupa pretes dan posttest yang sudah divalidasikan dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperiment yaitu 82,42 dan rata-rata kelas kontrol 75,93, ini menunjukan rata-rata menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan PhET simulation lebih tinggi dari pada menggunakan konvensional. Hasil hipotesis menggunakan Uji-t menunjukkan nilai postes perhitungan uji-t nilai sign-2 tailed adalah 3,193 > 1,997 yang berarti adanya perbedaan signifikan antara kelas ekperiment dan kelas control, ini menunjukan model pembelajaran PBL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan konvensional
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Simulasi; hasil belajar; Hasil belajar siswa |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 29 Apr 2024 07:39 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 05:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55807 |
