PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANGDI SMP NEGERI 27 MEDAN

Sihombing, Fitri Dalia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANGDI SMP NEGERI 27 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192451001_Cover.pdf] Text
4192451001_Cover.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4192451001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192451001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4192451001_Abstrak.pdf] Text
4192451001_Abstrak.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4192451001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192451001_Kata_Pengantar.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4192451001_Daftar_Isi.pdf] Text
4192451001_Daftar_Isi.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 4192451001_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192451001_Daftar_Gambar.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4192451001_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192451001_Daftar_Tabel.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4192451001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192451001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4192451001_BAB_I.pdf] Text
4192451001_BAB_I.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4192451001_BAB_II.pdf] Text
4192451001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[thumbnail of 4192451001_BAB_III.pdf] Text
4192451001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[thumbnail of 4192451001_BAB_IV.pdf] Text
4192451001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of 4192451001_BAB_V.pdf] Text
4192451001_BAB_V.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4192451001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192451001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 4192451001_Lampiran.pdf] Text
4192451001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombangkelasVIII di SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest dan postest control group design. Penelitian ini menggunakan dua sample yaitu keas VIII 7 sebagai kelas ekperiment menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan PhET simulation dan VIII 9 sebagai kelas control menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumblah siswa 35 pada kelas eksperiment dan 32 pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrument test hasil belajar berupa pretes dan posttest yang sudah divalidasikan dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperiment yaitu 82,42 dan rata-rata kelas kontrol 75,93, ini menunjukan rata-rata menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan PhET simulation lebih tinggi dari pada menggunakan konvensional. Hasil hipotesis menggunakan Uji-t menunjukkan nilai postes perhitungan uji-t nilai sign-2 tailed adalah 3,193 > 1,997 yang berarti adanya perbedaan signifikan antara kelas ekperiment dan kelas control, ini menunjukan model pembelajaran PBL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Simulasi; hasil belajar; Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:39
Last Modified: 24 Oct 2025 05:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55807

Actions (login required)

View Item
View Item