PEMBUATAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN

Safitri, Fidyya Amalia (2023) PEMBUATAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193121001_Cover.pdf] Text
4193121001_Cover.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4193121001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193121001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of 4193121001_Abstrak.pdf] Text
4193121001_Abstrak.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4193121001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193121001_Kata_Pengantar.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 4193121001_Daftar_Isi.pdf] Text
4193121001_Daftar_Isi.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4193121001_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193121001_Daftar_Gambar.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4193121001_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193121001_Daftar_Tabel.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4193121001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193121001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4193121001_BAB_I.pdf] Text
4193121001_BAB_I.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 4193121001_BAB_V.pdf] Text
4193121001_BAB_V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4193121001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193121001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul fisika pada materi Impuls dan Momentum dan mengetahui validitas, efektifitas, dan tingkat kepraktisan e-modul pembelajaran berbasis PBL pada materi impuls dan momentum kelas X yang telah dibuat. Pembuatan e-modul ini didasarkan pada belum tersedianya e-modul berbasis PBL yang digunakan di SMA Negeri 11 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4D (Define-Design-Development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran, angket respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika berbasis PBL pada materi impuls dan momentum kelas X SMA dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Tingkat kelayakan modul fisika pada materi hukum newton gerak berbasis PBL yang telah dibuat adalah sangat praktis dengan persentase 85% oleh
validator ahli materi, 81,25% oleh validator ahli desain, 90% dari validator ahli pembelajaran, dan 90,66% pada respon guru (2) Tingkat kepraktisan modul fisika pada materi impuls dan momentum berbasis PBL yang telah dibuat yaitu sangat
efektif dengan persentase 83,91% pada uji coba kelompok kecil, 86,42% pada uji coba kelompok besar, dan (3) Tingkat keefektifan e-modul fisika berbasis PBL yang telah dibuat yaitu dalam kategori sedang dengan nilai n-gain 0,68.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Modul fisika; Materi implus; validitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:17
Last Modified: 29 Apr 2024 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55789

Actions (login required)

View Item
View Item