Safitri, Fidyya Amalia (2023) PEMBUATAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193121001_Cover.pdf
Download (85kB)
4193121001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (754kB)
4193121001_Abstrak.pdf
Download (89kB)
4193121001_Kata_Pengantar.pdf
Download (407kB)
4193121001_Daftar_Isi.pdf
Download (93kB)
4193121001_Daftar_Gambar.pdf
Download (60kB)
4193121001_Daftar_Tabel.pdf
Download (61kB)
4193121001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (60kB)
4193121001_BAB_I.pdf
Download (275kB)
4193121001_BAB_V.pdf
Download (89kB)
4193121001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (119kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul fisika pada materi Impuls dan Momentum dan mengetahui validitas, efektifitas, dan tingkat kepraktisan e-modul pembelajaran berbasis PBL pada materi impuls dan momentum kelas X yang telah dibuat. Pembuatan e-modul ini didasarkan pada belum tersedianya e-modul berbasis PBL yang digunakan di SMA Negeri 11 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4D (Define-Design-Development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran, angket respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika berbasis PBL pada materi impuls dan momentum kelas X SMA dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Tingkat kelayakan modul fisika pada materi hukum newton gerak berbasis PBL yang telah dibuat adalah sangat praktis dengan persentase 85% oleh
validator ahli materi, 81,25% oleh validator ahli desain, 90% dari validator ahli pembelajaran, dan 90,66% pada respon guru (2) Tingkat kepraktisan modul fisika pada materi impuls dan momentum berbasis PBL yang telah dibuat yaitu sangat
efektif dengan persentase 83,91% pada uji coba kelompok kecil, 86,42% pada uji coba kelompok besar, dan (3) Tingkat keefektifan e-modul fisika berbasis PBL yang telah dibuat yaitu dalam kategori sedang dengan nilai n-gain 0,68.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul fisika; Materi implus; validitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 04:17 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55789 |