Pangaribuan, Desi Hartati Natalia (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis iSpring Suite pada Elemen Anatomi dan Fisiologi Kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193144021_Cover.pdf
Download (74kB)
5193144021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (347kB)
5193144021_Kata_Pengantar.pdf
Download (278kB)
5193144021_Abstrak.pdf
Download (295kB)
5193144021_Daftar_Isi.pdf
Download (241kB)
5193144021_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
5193144021_Daftar_Gambar.pdf
Download (238kB)
5193144021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (58kB)
5193144021_BAB_I.pdf
Download (434kB)
5193144021_BAB_V.pdf
Download (200kB)
5193144021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (91kB)
Abstract
Perkembangan teknologi menuntut terciptanya inovasi baru yang diterapkan dengan pengoptimalan teknologi yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran konvensional menjadi media pembelajaran yang interaktif. Anatomi Fisiologi kulit dan rambut beserta fungsinya merupakan materi pembelajaran di
kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut dikarenakan penggunaan bahasa asing dan peserta didik masih belum mampu mengidentifikasikan struktur
kulit dan rambut serta siklus pertumbuhan rambut dengan tepat. Pada materi tersebut belum menggunakan media pembelajaran iSpring Suite dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis iSpring Suite pada elemen Anatomi dan Fisiologi kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Pematangsiantar dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis iSpring Suite pada elemen anatomi dan fisiologi kelas X Tata Kecantikan di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi dan Evaluation (Evaluasi). Pengembangan media pembelajaran berbasis iSpring Suite pada
elemen Anatomi dan Fisiologi merupakan objek dari penelitian, sasaran produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah siswi kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Pematangsiantar yang berjumlah 36 orang peserta didik. Subjek pada penelitian ini adalah 3 ahli materi dan 3 ahli media. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket analisis kebutuhan guru dan peserta didik, angket
validasi oleh ahli materi dan media, serta angket uji coba produk dengan teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian pada pengembangan media pembelajaran berbasis iSpring Suite yang telah dilakukan menunjukkan hasil validasi oleh ahli materi pada interval skor 4,25 dengan kategori “Sangat Layak”, validasi oleh ahli media pada interval skor 4,79 dengan kategori “Sangat Layak”, berdasarkan uji coba produk
yang dilakukan terhadap kelompok kecil, kelompok sedang dan kelompok besar diperoleh interval skor 4,59 dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
berbasis iSpring Suite pada elemen anatomi dan fisiologi layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran bagi peserta didik kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; iSpring Suite; Anatomi dan Fisiologi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:03 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55771 |