Saputri, Mega (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Jobsheet Pembuatan Tote bag Pada Mata Pelajaran Produk Kreasi Dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Beringin. Undergraduate thesis, UNIMED.
5181143010_Cover.pdf
Download (249kB)
5181143010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (852kB)
5181143010_Kata_Pengantar.pdf
Download (406kB)
5181143010_Abstrak.pdf
Download (381kB)
5181143010_Daftar_Isi.pdf
Download (265kB)
5181143010_Daftar_Tabel.pdf
Download (236kB)
5181143010_Daftar_Gambar.pdf
Download (235kB)
5181143010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (234kB)
5181143010_BAB_I.pdf
Download (542kB)
5181143010_BAB_V.pdf
Download (377kB)
5181143010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (262kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran belum memanfaatkan media pembelajaran jobsheet secara maksimal. Permasalahan belajar siswa yang lainnya yaitu kurangnya tingkat pemahaman siswa pada pembuatan tote bag, tote bag yang telah dihasilkan siswa diantaranya tidak memiliki sisi tote bag, tidak disertai dasar tote bag, pemilihan bahan tote bag yang belum maksimal dikarenakan siswa hanya berpedoman pada materi yang diajarkan melalui internet sehingga terkadang siswa sulit mengerti bahkan salah mengartikan maksud dari penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran jobsheet pembuatan tote bag pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Beringin (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran jobsheet yang dikembangkan pada kompetensi membuat tote bag pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Beringin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian research and development (r&d) dengan menggunakan model 4-D. (1) define (pendefisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Populasi dalam
penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI Tata busana SMK Negeri 1 Beringin. Hasil penelitian menunjukkan ada empat tahap pengembangan di dalam model 4 D, yaitu (1) define (pendefisian) analisis dilakukan dengan menyebarkan angket kepada siswa dengan hasil pengumpulan (71,3%) dan kebutuhan guru (100%), menunjukkan bahwa media sangat dibutuhkan untuk mendukung nilai dan variasi siswa dalam pembelajaran (2) design (perancangan) tahap selanjutnya yaitu mengembangkan media pembelajaran jobsheet pada mata pelajaran pembuatan tote bag pada mata pelajaran produk kreasi dan kewirausahaan (3) develop (pengembangan) Validasi oleh ahli materi secara
keseluruhan menyatakan bahwa (94,8%) materi “sangat baik” digunakan dan Validasi oleh ahli media secara keseluruhan menyatakan bahwa (74,9%) media “baik” digunakan. Untuk
mengetahui kelayakan media pembelajaran jobsheet pembuatan tote bag pada mata pembelajaran produk kreasi dan kewirausahaan dilakukan uji coba kelompok perorangan,
uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok lapangan. Uji coba kelompok perorangan dilakukan oleh 3 siswa menyatakan bahwa (90,6%), uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 8 siswa menyatakan bahwa (91,7%), dan uji coba kelompok lapangan dilakukan oleh 16 siswa menyatakan bahwa (93,8%) (4) disseminate (penyebaran).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Research And Development (R&D); Media Pembelajaran Jobsheet; Pembuatan Tote bag |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2321 Industry > HD2331 Home labor. Home-based businesses T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:30 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55761 |