PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK B E R B A S I S P R O B L EM- B A S E D L E A R N I N GUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Nasution, Fadilah Rahmayuni (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK B E R B A S I S P R O B L EM- B A S E D L E A R N I N GUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191111021_Cover.pdf] Text
4191111021_Cover.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4191111021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of 4191111021_Abstrak.pdf] Text
4191111021_Abstrak.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 4191111021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111021_Kata_Pengantar.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 4191111021_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111021_Daftar_Isi.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 4191111021_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111021_Daftar_Gambar.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 4191111021_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111021_Daftar_Tabel.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4191111021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 4191111021_BAB_I.pdf] Text
4191111021_BAB_I.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of 4191111021_BAB_V.pdf] Text
4191111021_BAB_V.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 4191111021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem-based learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dan pengembangan ini didesain dengan berlandaskan pada tahapan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang diadaptasi menjadi 3-D meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 31 orang. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, kevalidan LKPD yang dikembangkan memperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 84,1% oleh ahli dengan kualifikasi tergolong sangat valid. Melalui angket kepraktisan LKPD oleh guru dan siswa diperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 90% oleh guru dan 93,6% oleh siswa dengan kualifikasi tergolong sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan LKPD berbasis problem-based learning telah
dilakukan untuk melihat keefektifan LKPD dengan acuan penilaian yang ditetapkan memperoleh hasil, yakni untuk ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,9%, ketercapaian tujuan pembelajaran tercapai pada butir soal 1, 2, 3, 4, dan 5, dan
pencapaian waktu pembelajaran efisien atau tidak melebihi pembelajaran biasa, dari ketiga acuan penilaian keefektifan tersebut maka LKPD yang dikembangkan tergolong efektif. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang
terjadi adalah peningkatan dalam kategori sedang dengan rata-rata gain score sebesar 0,60. Berdasarkan data perolehan penelitian, disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem-based learning yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi
kualifikasi valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; Problem-Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:05
Last Modified: 29 Apr 2024 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55749

Actions (login required)

View Item
View Item