Nasution, Fadilah Rahmayuni (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK B E R B A S I S P R O B L EM- B A S E D L E A R N I N GUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191111021_Cover.pdf
Download (238kB)
4191111021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (550kB)
4191111021_Abstrak.pdf
Download (262kB)
4191111021_Kata_Pengantar.pdf
Download (364kB)
4191111021_Daftar_Isi.pdf
Download (261kB)
4191111021_Daftar_Gambar.pdf
Download (234kB)
4191111021_Daftar_Tabel.pdf
Download (235kB)
4191111021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (260kB)
4191111021_BAB_I.pdf
Download (656kB)
4191111021_BAB_V.pdf
Download (288kB)
4191111021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (463kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem-based learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dan pengembangan ini didesain dengan berlandaskan pada tahapan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang diadaptasi menjadi 3-D meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 31 orang. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, kevalidan LKPD yang dikembangkan memperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 84,1% oleh ahli dengan kualifikasi tergolong sangat valid. Melalui angket kepraktisan LKPD oleh guru dan siswa diperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 90% oleh guru dan 93,6% oleh siswa dengan kualifikasi tergolong sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan LKPD berbasis problem-based learning telah
dilakukan untuk melihat keefektifan LKPD dengan acuan penilaian yang ditetapkan memperoleh hasil, yakni untuk ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,9%, ketercapaian tujuan pembelajaran tercapai pada butir soal 1, 2, 3, 4, dan 5, dan
pencapaian waktu pembelajaran efisien atau tidak melebihi pembelajaran biasa, dari ketiga acuan penilaian keefektifan tersebut maka LKPD yang dikembangkan tergolong efektif. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang
terjadi adalah peningkatan dalam kategori sedang dengan rata-rata gain score sebesar 0,60. Berdasarkan data perolehan penelitian, disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem-based learning yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi
kualifikasi valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik; Problem-Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:05 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55749 |