Zulaika, Thalita (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATERI TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 217311042 COVER.pdf
Download (240kB)
2. NIM 217311042 APPROVAL SHEET.pdf
Download (494kB)
3. NIM 217311042 ABSTRACT.pdf
Download (138kB)
4. NIM 217311042 PREFACE.pdf
Download (258kB)
5. NIM 217311042 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (88kB)
6. NIM 217311042 LIST OF TABLE.pdf
Download (34kB)
7. NIM 217311042 LIST OF FIGURE.pdf
Download (34kB)
8. NIM 217311042 APPENDICES.pdf
Download (33kB)
9. NIM 217311042 CHAPTER I.pdf
Download (304kB)
13. NIM 217311042 CHAPTER V.pdf
Download (164kB)
14. NIM 217311042 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (120kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengembangan bahan ajar modul pada materi teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan (2) Untuk kelayakan bahan ajar modul pada maetri teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan. Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan (research and development). Mengacu pada 10 tahap pengembangan oleh Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan antara lain pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, pengembangan produk, revisi produk dan penyempurnaan produk akhir. Data untuk mengembangkan bahan ajar modul diambil dari wawancara dengan guru, buku dan juga jurnal. Bahan ajar modul yang dikembangkan akan divalidasi oleh ahli matri, ahli desain dan dinilai oleh guru. Data kualitatif yang didapat dari angket validasi akan diubahan menjadi data kuantitatif. Hasil validasi bahan ajar modul yang dinilai oleh ahli materi pada aspek kelayakan isi adalah 58 dengan rata-rata 3,86 sedangkan pada aspek kelayakan bahasa bahan ajar modul ini menerima jumlah skor 50 dengan rata-rata 3,84. Bahan ajar modul yang dinilai oleh ahli desain pada aspek kelayakan kegrafikan modul memperoleh skor 117 dengan rata-rata 4,17 sedangkan aspek kelayakan penyajian modul ini mendapatkan skor 48 dengan rata-rata 4,38. Sedangkan validasi oleh guru mendapatkan skor skor 66 dengan rata-rata 4,12. Angket respon siswa mendapat skor 429 dengan rata rata 4,66. Setelah melakukan validasi kepada ahli materi, ahli desain, guru dan juga respon dari siswa maka bahan ajar modul Teks Persuasi; Yuk Belajar 3M Membujuk – Mengajak - Meyakinkan mendapatkan skor 23,80 dengan jumlah rata-rata 3,75. Berdasarkan pedoman pengkonversian dari data kuantitatif menjadi kualitatif modul ini dinyatakan layak pakai dengan kategori Baik (B).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar; Modul; Teks Persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 01:58 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55748 |