PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATERI TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN 2021/2022

Zulaika, Thalita (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATERI TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 217311042 COVER.pdf] Text
1. NIM 217311042 COVER.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 2.  NIM 217311042 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 217311042 APPROVAL SHEET.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of 3.  NIM 217311042 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 217311042 ABSTRACT.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4.  NIM 217311042 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 217311042 PREFACE.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 5.  NIM 217311042 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 217311042 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 6.  NIM 217311042 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM 217311042 LIST OF TABLE.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 7. NIM 217311042 LIST OF FIGURE.pdf] Text
7. NIM 217311042 LIST OF FIGURE.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8.  NIM 217311042 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 217311042 APPENDICES.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 9.  NIM 217311042 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 217311042 CHAPTER I.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 13.  NIM 217311042 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 217311042 CHAPTER V.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 14.  NIM 217311042 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 217311042 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengembangan bahan ajar modul pada materi teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan (2) Untuk kelayakan bahan ajar modul pada maetri teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan. Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan (research and development). Mengacu pada 10 tahap pengembangan oleh Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahapan antara lain pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, pengembangan produk, revisi produk dan penyempurnaan produk akhir. Data untuk mengembangkan bahan ajar modul diambil dari wawancara dengan guru, buku dan juga jurnal. Bahan ajar modul yang dikembangkan akan divalidasi oleh ahli matri, ahli desain dan dinilai oleh guru. Data kualitatif yang didapat dari angket validasi akan diubahan menjadi data kuantitatif. Hasil validasi bahan ajar modul yang dinilai oleh ahli materi pada aspek kelayakan isi adalah 58 dengan rata-rata 3,86 sedangkan pada aspek kelayakan bahasa bahan ajar modul ini menerima jumlah skor 50 dengan rata-rata 3,84. Bahan ajar modul yang dinilai oleh ahli desain pada aspek kelayakan kegrafikan modul memperoleh skor 117 dengan rata-rata 4,17 sedangkan aspek kelayakan penyajian modul ini mendapatkan skor 48 dengan rata-rata 4,38. Sedangkan validasi oleh guru mendapatkan skor skor 66 dengan rata-rata 4,12. Angket respon siswa mendapat skor 429 dengan rata rata 4,66. Setelah melakukan validasi kepada ahli materi, ahli desain, guru dan juga respon dari siswa maka bahan ajar modul Teks Persuasi; Yuk Belajar 3M Membujuk – Mengajak - Meyakinkan mendapatkan skor 23,80 dengan jumlah rata-rata 3,75. Berdasarkan pedoman pengkonversian dari data kuantitatif menjadi kualitatif modul ini dinyatakan layak pakai dengan kategori Baik (B).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar; Modul; Teks Persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Apr 2024 01:58
Last Modified: 29 Apr 2024 01:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55748

Actions (login required)

View Item
View Item