Fadila (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWAKELAS VII/I SMP NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191111031_Cover.pdf
Download (62kB)
4191111031_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (718kB)
4191111031_Abstrak.pdf
Download (241kB)
4191111031_Kata_Pengantar.pdf
Download (238kB)
4191111031_Daftar_Isi.pdf
Download (215kB)
4191111031_Daftar_Gambar.pdf
Download (227kB)
4191111031_Daftar_Tabel.pdf
Download (221kB)
4191111031_Daftar_Lampiran.pdf
Download (150kB)
4191111031_BAB_I.pdf
Download (974kB)
4191111031_BAB_V.pdf
Download (240kB)
4191111031_Daftar_Pustaka.pdf
Download (323kB)
Abstract
Peserta didik kelas VII/I SMP N 2 Medan masih mempunyai keterbatasan dalam menyelesaikan masalah matematis; akibatnya, diperlukan suatu upaya yang mungkin digunakan untuk menghindari permasalahan dipengaruhi oleh keterbatasan kapasitas ini. Penelitian ini bermaksud guna mengetahui bagaimana upaya yang dilaksanakan dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VII/I SMP Negeri 2 Medan. Subjek pada penelitian ini melibatkan siswa kelas VII/I SMP Negeri 2 Medan T.A 2022/2023 sejumlah 32 siswa. Sementara objek dari penelitian ini yakni kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Instrumen yang dipergunakan guna mendapat
informasi di penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta dokumentasi. Jenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan fase pembelajaran berbentuk siklus, yang
terdiri atas 2 siklus dimana setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Kepada peserta didik disuguhkan tes awal yang diberi pada pra-tindakan, dan tes kemampuan pemecahan masalah di akhir setiap siklus. Temuan tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik mengalami peningkatan dari hasil tes awal maupun
tes yang diberikan di siklus I serta II. Di tes awal secara klasikal didapat 1 siswa (3.12%) tuntas dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 31.21 dengan tingkat keterampilan dalam kategori sangat rendah. Di tes siklus I terjadi kenaikan secara
klasikal didapat 12 siswa (37.5%) tuntas dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 64.58 dengan tingkat keterampilan dalam kategori rendah. Pada tes siklus II juga terjadi kenaikan secara klasikal didapat 29 siswa (90.6%) tuntas dengan perolehan nilai ratarata senilai 86.35 dengan tingkat keterampilan dalam kategori tinggi. Demikian bisa disimpulkan bahwasanya dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning bisa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII/I SMPN 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; peserta didik; Aktivitas guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 01:45 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55747 |