Christin, Cindy Vini (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 SILIMAKUTA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193141041_Cover.pdf
Download (217kB)
4193141041_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (450kB)
4193141041_Abstrak.pdf
Download (62kB)
4193141041_Kata_Pengantar.pdf
Download (681kB)
4193141041_Daftar_Isi.pdf
Download (238kB)
4193141041_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
4193141041_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
4193141041_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
4193141041_BAB_I.pdf
Download (447kB)
4193141041_BAB_V.pdf
Download (213kB)
4193141041_Daftar_Pustaka.pdf
Download (613kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 1 Silimakuta T.P. 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling menggunakan rumus Slovin. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 66 orang, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa di kelas yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran langsung. Ketercapaian indikator pembelajaran dikelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) juga menunjukkan bahwa tiap indikator pada materi keanekaragaman hayati sudah tercapai. Analisis data pada penelitian ini menggunakan independent t-test dengan bantuan software SPSS versi 27 diperoleh angka probabilitas (sig.) 0,000 < 0,05. Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Case Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekargaman hayati di kelas X MIA SMA Negeri 1 Silimakuta
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Case Based Learning; hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 28 Apr 2024 02:21 |
Last Modified: | 28 Apr 2024 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55732 |