PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 SILIMAKUTA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Christin, Cindy Vini (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MIA SMA NEGERI 1 SILIMAKUTA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193141041_Cover.pdf] Text
4193141041_Cover.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4193141041_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141041_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 4193141041_Abstrak.pdf] Text
4193141041_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193141041_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141041_Kata_Pengantar.pdf

Download (681kB)
[thumbnail of 4193141041_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141041_Daftar_Isi.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4193141041_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193141041_Daftar_Tabel.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4193141041_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193141041_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4193141041_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193141041_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4193141041_BAB_I.pdf] Text
4193141041_BAB_I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 4193141041_BAB_V.pdf] Text
4193141041_BAB_V.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4193141041_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141041_Daftar_Pustaka.pdf

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 1 Silimakuta T.P. 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling menggunakan rumus Slovin. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 66 orang, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa di kelas yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran langsung. Ketercapaian indikator pembelajaran dikelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) juga menunjukkan bahwa tiap indikator pada materi keanekaragaman hayati sudah tercapai. Analisis data pada penelitian ini menggunakan independent t-test dengan bantuan software SPSS versi 27 diperoleh angka probabilitas (sig.) 0,000 < 0,05. Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Case Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekargaman hayati di kelas X MIA SMA Negeri 1 Silimakuta

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Case Based Learning; hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 Apr 2024 02:21
Last Modified: 28 Apr 2024 02:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55732

Actions (login required)

View Item
View Item