PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HUKUM NEWTON

Sinaga, Christy Natalia Br. (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HUKUM NEWTON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4182121022_Cover.pdf] Text
4182121022_Cover.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4182121022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4182121022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 4182121022_Abstrak.pdf] Text
4182121022_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4182121022_Kata_Pengantar.pdf] Text
4182121022_Kata_Pengantar.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 4182121022_Daftar_Isi.pdf] Text
4182121022_Daftar_Isi.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4182121022_Daftar_Tabel.pdf] Text
4182121022_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4182121022_Daftar_Gambar.pdf] Text
4182121022_Daftar_Gambar.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4182121022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4182121022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4182121022_BAB_I.pdf] Text
4182121022_BAB_I.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4182121022_BAB_V.pdf] Text
4182121022_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4182121022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4182121022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas X SMA Dharma Pancasila yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dan penentuan kelas dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple cluster random yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan X-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara guru dan angket siswa untuk mengetahui proses pembelajaran di kelas, serta instrumen tes hasil belajar berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 15 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: problem based learning (PBL); pembelajaran konvensional; pengaruh; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 Apr 2024 01:32
Last Modified: 28 Apr 2024 01:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55730

Actions (login required)

View Item
View Item