Husnul, Ismi Chairani Sartika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurace, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas XI SMK N 1 Lubuk Pakam Tahun Ajar 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2191111001 COVER.pdf
Download (204kB)
2. NIM.2191111001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (226kB)
3. NIM.2191111001 ABSTRACT.pdf
Download (117kB)
4. NIM.2191111001 PREFACE.pdf
Download (211kB)
5. NIM.2191111001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (205kB)
6. NIM.2191111001 LIST OF FIGURE.pdf
Download (111kB)
7. NIM.2191111001 LIST OF TABLE.pdf
Download (145kB)
8. NIM.2191111001 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (115kB)
9. NIM.2191111001 CHAPTER I.pdf
Download (454kB)
13. NIM.2191111001 CHAPTER V.pdf
Download (142kB)
14. NIM.2191111001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (168kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) terhadap kemampuan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI sebanyak 36 siswa (kelas kontrol) dan XI sebanyak 36 siswa (kelas eksperimen) di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, yang ditentukan secara Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Desaign. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes (posttest). Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol yakni 57,33 dan standar deviasi 8,38 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yakni 85,94 dan standar deviasi 5,89. Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji prasyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa data posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistrbusi normal dan homogen. Dikonsultasikan thitung dengan tabel t tarafsignifikansi a=0,05 dengan dk=n1 + n2 - 2 = 36 + 36 - 2= 70 diperoleh t tabel = 1,688298. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa karena t hitung > t tabel yaitu 16,702 > 1,688 sehingga
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction), Menulis, Teks Ulasan Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 09:47 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 09:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55709 |