Pengaruh Model Make A Match Terhadap Kemampuan Menelaah Unsur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Ajaran 2022/2023

Febriyanti, Fira (2023) Pengaruh Model Make A Match Terhadap Kemampuan Menelaah Unsur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2192411023 COVER.pdf] Text
1. NIM.2192411023 COVER.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 2. NIM.2192411023 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2192411023 APPROVAL SHEET.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 3. NIM.2192411023 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2192411023 ABSTRACT.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 4. NIM.2192411023 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2192411023 PREFACE.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 5. NIM.2192411023 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2192411023 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 6. NIM.2192411023 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2192411023 LIST OF FIGURE.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 7. NIM.2192411023 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2192411023 LIST OF TABLE.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8. NIM.2192411023 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
8. NIM.2192411023 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 9. NIM.2192411023 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM.2192411023 CHAPTER I.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 13. NIM.2192411023 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.2192411023 CHAPTER V.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 14. NIM.2192411023 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.2192411023 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Untuk menganalisis menelaah unsur dan kaidah kebahasaan teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Ajaran 2022/2023 sebelum menggunakan model pembelajaran Make a Match. (2)
Untuk menganalisis kemampuan menelaah unsur dan kaidah kebahasaan teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Ajaran 2022/2023 setelah menggunakan model pembelajaran Make a Match. (3) Untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan kemampuan menelaah unsur dan kaidah kebahasaan teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak dengan sampel sebanyak 30 siswa dengan model Make a Match. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah unsur-unsur dalam teks drama yang terdiri dari tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, dialog dan amanat. Kemudian, kaidah kebahasaan teks drama yaitu kalimat langsung, kata ganti, kata tidak baku dan kosa kata percakapan, konjungsi temporal, kata kerja menggambarkan suatu peristiwa, kata sifat, dan kalimat seru, perintah dan Tanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Teknik analisis
data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada saat pretest diperoleh rata-rata sebesar 63, dan masuk ke dalam kategori cukup. Sedangkan hasil penelitian posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,8 dan termasuk dalam katagori baik. Melalui pengujian hipotesis yaitu bahwa thitung > ttabel yaitu 3,135732 > 2,04841 dapat disimpulkan bahawa ada pengaruh yang cukup signifikan dari penggunaan model Make a Match terhadap kemampuan menelaah unsur dan kaidah kebahasaan teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Hamparan Perak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Make a Macth, Menelaah Unsur dan Kaidah Kebahasaan,Teks Drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:47
Last Modified: 26 Apr 2024 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55693

Actions (login required)

View Item
View Item