PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEMBASED LEARNING BERMEDIAKAN DIGITALFLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJARSISWA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA

Tarigan, Bika Friska Natalia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEMBASED LEARNING BERMEDIAKAN DIGITALFLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJARSISWA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193131007_Cover.pdf] Text
4193131007_Cover.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 4193131007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193131007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of 4193131007_Abstrak.pdf] Text
4193131007_Abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4193131007_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193131007_Kata_Pengantar.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 4193131007_Daftar_Isi.pdf] Text
4193131007_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 4193131007_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193131007_Daftar_Gambar.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4193131007_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193131007_Daftar_Tabel.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4193131007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193131007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 4193131007_BAB_I.pdf] Text
4193131007_BAB_I.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 4193131007_BAB_V.pdf] Text
4193131007_BAB_V.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4193131007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193131007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (511kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran digital
flipbook menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil dan
motivasi belajar siswa kelas XI pada materi Asam Basa di SMA Negeri 1 Pancur Batu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan random sampling. Penelitian ini mengambil sampel yang terdiri dari dua
kelompok, yaitu kelompok eksperimen pada kelas XI MIA 3 dan kelompok kontrol pada kelas
XI MIA 4. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, tes hasil belajar, angket motivasi
belajar dan dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data menggunakan uji normalitas,
uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan rumus uji t pihak kanan dan uji t dua pihak. Ratarata
posttest pada kelas eksperimen > kelas kontrol (82,5 > 74,6). Hasil uji t-hasil belajar siswa
diperoleh signifikasi data ≤ 0,05 yang menunjukkan model pembelajaran problem based
learning bermediakan digital flipbook berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi
asam basa. Hasil uji-t motivasi belajar siswa diperoleh signifikasi data ≤ 0,05 yang
menunjukkan model pembelajaran problem based learning bermediakan digital flipbook
berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada materi asam basa. Hasil uji korelasi
diperoleh rhitung= 0,645 (kategori kuat) sehingga terdapat korelasi positif antara motivasi dan
hasil belajar siswa. Maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari
penggunaan model pebelajaran problem based learning bermediakan digital flipbook terhadap
motivasi dan hasil belajar siswa pada materi asam basa di kelas XI SMA Negeri 1 Pancur Batu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil dan motivasi belajar; Asam basa; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:35
Last Modified: 26 Apr 2024 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55689

Actions (login required)

View Item
View Item