Syahputra, Aldi (2024) Pengembangan Media Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Game Educandy Pada Mata Pelajaran Food And Beverage SMK Negeri 1 Berastagi. Undergraduate thesis, UNIMED.
5181142002_Cover.pdf
Download (78kB)
5181142002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (562kB)
5181142002_Kata_Pengantar.pdf
Download (271kB)
5181142002_Abstrak.pdf
Download (409kB)
5181142002_Daftar_Isi.pdf
Download (386kB)
5181142002_Daftar_Tabel.pdf
Download (181kB)
5181142002_Daftar_Gambar.pdf
Download (182kB)
5181142002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (311kB)
5181142002_BAB_I.pdf
Download (523kB)
5181142002_BAB_V.pdf
Download (304kB)
5181142002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (206kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan media alat evaluasi pembelajran berbasis Game Educandy pada materi Table Set up dan Clear Up; (2) Menguji kelayakan media alat evaluasi pembelajaran berbasis Game Educandy pada mata pelajaran Tabel Set up dan Clear Up menurut ahli materi dan ahli media; (3) Mengetahui akseptansi media alat evaluasi pembelajaran berbasis Game Educandy pada materi Table Set up dan Clear Up berdasarkan respon siswa. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang
meliputi Define (analisis kebutuhan), Design (membuat storyboard dan pembuatan media pembelajaran), Development (validasi oleh ahli materi dan ahli media), Disseminate (Akseptansi). Subjek penelitian terdiri dari dua orang ahli
materi, satu orang ahli media dan 30 siswa Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata SMK Negeri 1 Berastagi.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data kualitas materi dan data kualitas media. Teknik analisis data secara deskripsif. Lokasi penelitian dilakukan di Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata SMK negeri 1 Berastagi. Waktu penelitian pada September 2023. Hasil penelitian ini, hasil penelitian analisis kebutuhan guru dan siswa bahwa guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran berbasis Game Educandy, masing-masing skor ≥ 50 persen. Materi ini dapat disebarluaskan dan di implementasikan pada materi Table Set up dan Clear Up. Hasil validasi materi memperoleh kelayakan sebesar 89,23 persen dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil validasi ahli
media memperoleh kelayakan sebesar 89,41 persen dengan kriteria “Sangat Layak” sehingga pembelajaran media game educandy pada materi table set up dan clear up termasuk kategori “Sangat Layak” dengan nilai rataan 89,32 persen.
Hasil penilaian siswa terhadap uji coba respon siswa pembelajaran game educandy pada materi table set up dan claer up termasuk sangat tinggi dengan skor 4,41.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Alat Evaluasi Pembelajaran Game Educandy; Table set up; clear up; Model Pengembangan Produk Yang Digunakan 4-D |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 07:12 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55676 |