Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Blender Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X TKR SMK N 14 Medan

Simbolon, Tiobuki (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Blender Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X TKR SMK N 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5182122008_Cover.pdf] Text
5182122008_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 5182122008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5182122008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of 5182122008_Kata_Pengantar.pdf] Text
5182122008_Kata_Pengantar.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 5182122008_Abstrak.pdf] Text
5182122008_Abstrak.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 5182122008_Daftar_Isi.pdf] Text
5182122008_Daftar_Isi.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 5182122008_Daftar_Tabel.pdf] Text
5182122008_Daftar_Tabel.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5182122008_Daftar_Gambar.pdf] Text
5182122008_Daftar_Gambar.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 5182122008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5182122008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 5182122008_BAB_I.pdf] Text
5182122008_BAB_I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 5182122008_BAB_V.pdf] Text
5182122008_BAB_V.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 5182122008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5182122008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mekanisme dan rancangan pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi blender pada mata pelajaran menggambar teknik; (2) Tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan aplikasi blender pada mata pelajaran menggambar teknik menurut para dosen ahli dan respon siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK N 14 Medan: (3) Apakah media pembelajaran menggunakan aplikasi blender pada mata pelajaran menggambar teknik dapat meningkatkan hasil belajar. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap
yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Mekanisme pengembangan produk media pembelajaran menggunakan aplikasi blender pada mata pelajaran menggambar teknik dilakukan
mengikuti alur pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi serta divalidasi atau dinilai oleh validator ahli media, ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan respon siswa kelas X TKR SMK N 14 Medan; (2) Tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan aplikasi blender pada mata pelajaran menggambar teknik menurut dosen ahli media berada pada kriteria “Sangat layak” (83,75%), meunurut dosen ahli materi berada pada kriteria “Sangat layak” (82,8%), menurut dosen ahli desain pembelajaran berada pada kriteria “Sangat layak” (95,83%), berdasarkan uji coba kelompok kecil siswa (5 orang) berada pada kriteria “Sangat layak” (96,90%), berdasarkan uji coba kelompok besar atau lapangan (28 orang) berada pada kriteria “Sangat layak” (88,0%): (3) Adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan sebesar (0,38). Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian berupa media pembelajaran yang dikembangkan ini
berada pada kriteria “Sangat layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran tambahan bagi siswa teknik kendaraan ringan .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Blender; Menggambar Teknik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:59
Last Modified: 26 Apr 2024 01:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55650

Actions (login required)

View Item
View Item