Simbolon, Tiobuki (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Blender Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X TKR SMK N 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5182122008_Cover.pdf
Download (57kB)
5182122008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (627kB)
5182122008_Kata_Pengantar.pdf
Download (172kB)
5182122008_Abstrak.pdf
Download (313kB)
5182122008_Daftar_Isi.pdf
Download (97kB)
5182122008_Daftar_Tabel.pdf
Download (62kB)
5182122008_Daftar_Gambar.pdf
Download (139kB)
5182122008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (38kB)
5182122008_BAB_I.pdf
Download (337kB)
5182122008_BAB_V.pdf
Download (197kB)
5182122008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (99kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mekanisme dan rancangan pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi blender pada mata pelajaran menggambar teknik; (2) Tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan aplikasi blender pada mata pelajaran menggambar teknik menurut para dosen ahli dan respon siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK N 14 Medan: (3) Apakah media pembelajaran menggunakan aplikasi blender pada mata pelajaran menggambar teknik dapat meningkatkan hasil belajar. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap
yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Mekanisme pengembangan produk media pembelajaran menggunakan aplikasi blender pada mata pelajaran menggambar teknik dilakukan
mengikuti alur pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi serta divalidasi atau dinilai oleh validator ahli media, ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan respon siswa kelas X TKR SMK N 14 Medan; (2) Tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan aplikasi blender pada mata pelajaran menggambar teknik menurut dosen ahli media berada pada kriteria “Sangat layak” (83,75%), meunurut dosen ahli materi berada pada kriteria “Sangat layak” (82,8%), menurut dosen ahli desain pembelajaran berada pada kriteria “Sangat layak” (95,83%), berdasarkan uji coba kelompok kecil siswa (5 orang) berada pada kriteria “Sangat layak” (96,90%), berdasarkan uji coba kelompok besar atau lapangan (28 orang) berada pada kriteria “Sangat layak” (88,0%): (3) Adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan sebesar (0,38). Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian berupa media pembelajaran yang dikembangkan ini
berada pada kriteria “Sangat layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran tambahan bagi siswa teknik kendaraan ringan .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Blender; Menggambar Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 01:59 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55650 |