PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI

Wilanda, Tari (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192111001_Cover.pdf] Text
5192111001_Cover.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 5192111001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192111001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 5192111001_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192111001_Kata_Pengantar.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of 5192111001_Abstrak.pdf] Text
5192111001_Abstrak.pdf

Download (921kB)
[thumbnail of 5192111001_Daftar_Isi.pdf] Text
5192111001_Daftar_Isi.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 5192111001_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192111001_Daftar_Tabel.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 5192111001_Daftar_Gambar.pdf] Text
5192111001_Daftar_Gambar.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 5192111001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192111001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 5192111001_BAB_I.pdf] Text
5192111001_BAB_I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 5192111001_BAB_V.pdf] Text
5192111001_BAB_V.pdf

Download (875kB)
[thumbnail of 5192111001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192111001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (720kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui prosedur pengembangan model pembelajaran blended learning berbasis Moodle pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan siswa kelas XI Bidang keahlian DPIB di SMK Negeri 2 Binjai. (2) Mengetahui kelayakan produk model pembelajaran blended learning berbasis Moodle pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan untuk siswa kelas XI Bidang keahlian DPIB di SMK Negeri 2 Binjai. Lokasi penelitian dilakukan pada Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahap utama, yaitu analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket untuk menguji kelayakan model pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle melalui validasi ahli materi dan ahli media serta penilaian dari siswa (pengguna). Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, Media pembelajaran berbasis moodle yang dikembangkan mencakup materi tentang klasifikasi jalan. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skr 4,5 dengan interpretasi "sangat layak", hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor 4,06 dengan interpretasi "layak". Dan hasil uji coba produk pada pengguna mendapatkan skor 4,13 dengan interpretasi "layal". Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Moodle sangat layak digunakan sebagai model pembelajaran bagi siswa kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan model pembelajaran; Blended learning; Moodle; Konstruksi jalan dan jembatan
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:29
Last Modified: 26 Apr 2024 01:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55644

Actions (login required)

View Item
View Item