Wilanda, Tari (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192111001_Cover.pdf
Download (93kB)
5192111001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (414kB)
5192111001_Kata_Pengantar.pdf
Download (696kB)
5192111001_Abstrak.pdf
Download (921kB)
5192111001_Daftar_Isi.pdf
Download (330kB)
5192111001_Daftar_Tabel.pdf
Download (153kB)
5192111001_Daftar_Gambar.pdf
Download (218kB)
5192111001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (203kB)
5192111001_BAB_I.pdf
Download (4MB)
5192111001_BAB_V.pdf
Download (875kB)
5192111001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (720kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui prosedur pengembangan model pembelajaran blended learning berbasis Moodle pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan siswa kelas XI Bidang keahlian DPIB di SMK Negeri 2 Binjai. (2) Mengetahui kelayakan produk model pembelajaran blended learning berbasis Moodle pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan untuk siswa kelas XI Bidang keahlian DPIB di SMK Negeri 2 Binjai. Lokasi penelitian dilakukan pada Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahap utama, yaitu analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket untuk menguji kelayakan model pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle melalui validasi ahli materi dan ahli media serta penilaian dari siswa (pengguna). Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, Media pembelajaran berbasis moodle yang dikembangkan mencakup materi tentang klasifikasi jalan. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skr 4,5 dengan interpretasi "sangat layak", hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor 4,06 dengan interpretasi "layak". Dan hasil uji coba produk pada pengguna mendapatkan skor 4,13 dengan interpretasi "layal". Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Moodle sangat layak digunakan sebagai model pembelajaran bagi siswa kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan model pembelajaran; Blended learning; Moodle; Konstruksi jalan dan jembatan |
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 01:29 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 01:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55644 |